Tampil di Olimpiade Tokyo 2020, Atlet Penggungsi Ini Ternyata Punya Tujuan Mulia

- Rabu, 28 Juli 2021 | 16:55 WIB
Nigara Shaheen yang mewakili kontingen pengungsi miliki tujuan mulai di Olimpiade Tokyo 2020 (instagram/@nig_judo)
Nigara Shaheen yang mewakili kontingen pengungsi miliki tujuan mulai di Olimpiade Tokyo 2020 (instagram/@nig_judo)

Nigara Shaheen yang mewakili kontigen penggungsi di Olimpiade Tokyo 2020 memiliki sebuah tujuan mulai. Shaheen mengaku sangat berharap bisa menjadi panutan bagi seluruh perempuan di Afghanistan.

Shaheen merupakan salah satu atlet dari kontingen pengungsi yang ambil bagian di Olimpiade Tokyo 2020. Di Olimpiade Tokyo 2020, Shaheen tampil di cabang olahraga Judo di kelas 70 kg.

Dia pun sangat berharap bisa menjadi panutan untuk setiap perempuan di Afghanistan dan Pakistan dengan tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Shaheen juga berharap bisa mengubah stigma terhadap atlet perempuan yang acap kali diremehkan.

“Saya kira ini lebih terkait dengan ideologi perempuan di negara kita. Dalam judo, perempuan memiliki kedekatan dengan pasangan laki-laki, setidaknya instruktur laki-laki, dan ini tidak diterima secara tradisional dan budaya,” ucap Shaheen, seperti dilansir dari Reuters, Rabu (28/7/2021).

“Sebagai satu-satunya judoka wanita di Afghanistan, saya harus berlatih dengan pria. Sayangnya, ada begitu banyak tabu sosial yang berhubungan dengan perempuan bermain olahraga di negara saya,” sambungnya.

Meski mewakili kontingen pengungsi di Olimpiade Tokyo 2020, Shaheen mengaku masih sangat berharap bisa memberikan lebih untuk negara asalnya di masa mendatang.

“Saya akan bangga jika dalam jangka panjang saya dapat dianggap sebagai panutan bagi gadis atau wanita lain di Afghanistan. Saya pribadi percaya bahwa Afghanistan membutuhkannya. Saya bangga terlibat dalam masa depan negara saya,” tuntas atlet berusia 28 tahun itu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X