Hancur! KKB Bakar Belasan Rumah hingga Desak Polisi Terjun ke Jurang di Paniai

- Senin, 21 Maret 2022 | 11:25 WIB
Pemukiman di di Distrik Baya Biru, Kabupaten Paniai, Papua tinggal menyisakan puing setelah dibakar hingga rata dengan tanah oleh KKB. (Dok. Humas Polda Papua)
Pemukiman di di Distrik Baya Biru, Kabupaten Paniai, Papua tinggal menyisakan puing setelah dibakar hingga rata dengan tanah oleh KKB. (Dok. Humas Polda Papua)

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali melakukan aksi teror dengan melakukan penyerangan hingga pembakaran pemukiman warga di Distrik Baya Biru, Kabupaten Paniai, Papua. Seorang anggota polisi terpaksa melompat ke jurang dan belasan rumah hangus usai dibakar KKB.

Insiden ini sendiri terjadi pada Sabtu, 19 Maret 2022. Insiden ini diawali dari anggota Pos Pol Ndeotadi 99 yang melaksanakan kegiatan patroli dengan rute Lokasi 99, Lokasi 45 dan Lokasi 81 sekitar pukul 15.30 WIT.

"Ketika anggota patroli hendak kembali menuju ke Lokasi 99, tepatnya di tanjakan Lokasi 81, Bripda Zulkarnaen Sommeng yang berada diposisi paling depan mendapat gangguan tembakan dari arah depan namun, tidak mengenai Bripda Zulkarnaen Sommeng," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal kepada Indozone, Senin (21/3/2022).

Kamal menyebut Bripda Zulkarnaen saat itu memutuskan untuk melompat ke jurang dan kembali ke Lokasi 81. Kemudian, aksi baku tembak tak terelakkan.

"Melihat adanya gangguan tembakan dari arah depan, tiga personel yang berada di belakang Bripda Zulkarnaen Sommeng langsung membalas tembakan ke arah depan selanjutnya keempat personel Pos Pol 99 menuju kembali ke 81 dan berlindung di salah satu camp masyarakat," beber Kamal.

Baca Juga: Dipanggil Polisi Hari Ini Soal Laporan Luhut, Haris Azhar Pastikan Hadir

Sekitar pukul 20.30 WIT, personel kembali ke Pos Pol 99.

KKB Mulai Bakar Pemukiman Warga

Tiba di Pos Pol 99, polisi mendapat informasi jika di wilayah lokasi 45 terjadi aksi pembakaran. Ada pula suara tembakan disana.

"Dari laporan diketahui bahwa di lokasi 45 terjadi pembakaran dan bunyi tembakan. Titik api berada di dua tempat," kata Kombes Kamal.

Dari data kepolisian, tercatat tidak ada korban jiwa atas insiden tersebut namun, ada sebanyak 11 rumah warga di Lokasi 81 dan empat rumah di Lokasi 45 ludes dibakar. Bangunana yang terbakar disebut Kamal antara lain rumah, perumahan guru dsn perumahan puskesmas.

Terkini, Kamal menyebut jajaranya sudah diterjunkan ke Lokasi 99 untuk melakukan pengamanan disana.

"Saat ini personel Polres Paniai telah menuju ke Lokasi 99 guna penebalan personil dalam upaya menciptakan situasi kamtibmas pasca aksi penembakan dan pembakaran rumah warga sedang ditangani Reskrim Polres Pania," pungkas Kamal.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X