The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Antisipasi Banjir, Anies Beri Pesan ke Anak Buahnya: Tolong Selamatkan Air Hujan
Ilustrasi banjir yang menggenang di Jakarta. (ANTARA FOTO/Fauzan)
News

Antisipasi Banjir, Anies Beri Pesan ke Anak Buahnya: Tolong Selamatkan Air Hujan

Apa alasannya?

Rabu, 23 Maret 2022 10:47 WIB 23 Maret 2022, 10:47 WIB

INDOZONE.ID - Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI, Yusmada Faizal mengungkapkan pesan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi masalah banjir yang terjadi ketika memasuki musim hujan.

Anies memberikan pesan agar jajarannya bisa menyelematkan air hujan dengan berbagai macam cara. Sehingga, diperlukan daya tampung untuk air hujan yang bertujuan mencegah terjadinya banjir.

"Yang paling efektif untuk memanfaatkan air hujan adalah menampung dari awalnya, sehingga dia tak mengalir dan memenuhi saluran," ucapnya dalam Youtube Dinas SDA yang dikutip Rabu (23/3/2022).

"Membuat genangan sampai ke sungai dan membuat sungai meluap. Itulah, makanya Pak Gubernur selalu menggencarkan 'tolong selamatkan air hujan', itu," tambah Yusmada.

Baca Juga: Singgung Transparansi, Ketua DPRD DKI Minta KPK Periksa Anies Terkait Formula E

Untuk bisa menjalankan pesan Anies tersebut, yakni menampung dan mempertahankan air hujan, Yusmada menyebutkan pihaknya memiliki sejumlah program, yakni pembuatan 9 polder, pembuatan 4 waduk, dan revitalisasi 2 sungai.

"Kelebihan air itu sedapat mungkin diamankan. Mudah-mudahan tahun ini kita dapatkan 9 polder, 4 waduk baru di daerah hulu, dan revitalisaai 2 sungai. Esensinya adalah mempertahankan, mengamankan air hujan," terangnya.

Oleh sebab itu, Yusmada pun menyebutkan bahwa dalam beberapa waktu ke depan, Anies akan mengeluarkan peraturan gubernur (Pergub) terkait pengelolaan air hujan.

"Makanya, akan muncul pergub pengolahan air hujan akan diterbitkan dalam rangka yuk sama-sama menyelamatkan berkah allah berupa air hujan supaya bermanfaat bagu kehidupan semua. Itu yang harus kita dorong," tandas Yusmada.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US