Kasus Pertama Omicron di Indonesia Disebut Masuk Melalui WNA

- Jumat, 17 Desember 2021 | 12:51 WIB
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Foto: INDOZONE/Sarah Hutagaol)
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Foto: INDOZONE/Sarah Hutagaol)

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengungkapkan satu orang pasien pertama yang terpapar varian baru virus Corona, yakni Omicron masuk melalui warga negara asing (WNA). 

"Kami mendapat informasi melalui Kemenkes adanya Omicron yang masuk Jakarta melalui WNA dan ada orang kita (WNI) yang sekarang berada di Wisma Atlet," ucapnya di Balai Kota DKI, Kamis, (16/12/2021). 

Kendati demikian, mantan politikus Partai Gerindra ini tidak merincikan WNA yang berasal dari mana dan sedang berada di mana. Saat ini, ia mengaku pihaknya masih melakukan penelusuran. 

"Sejauh ini Dinkes DKI sedang melakukan pengecekan ulang yang bersangkutan untuk memastikan kebenaran informasi yang kami terima," ungkap Riza. 

BACA JUGA: Menkes Sebut Pasien Pertama Terpapar Omicron di RI Tanpa Gejala

Pasca ditemukannya Omicron masuk ke Indonesia, Riza mengungkapkan Pemprov DKI menguatkan upaya 3T, yakni testing, tracing, dan treatment, dan meningkatkan pengawasan setiap pelaku perjalanan dari luar negeri. 

"Tentu yang perlu ditingkatkan adalah kami semua, pemerintah pusat dan daerah, memastikan semua proses yang masuk ke Jakarta harus lebih ditingkatkan lagi yang bersangkutan dari luar negeri untuk memastikan bahwa yang bersangkutan tidak terpapar varian Omicron," paparnya. 

Seperti diketahui sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengumumkan pasien pertama yang terpapar Omicron, yakni seorang pekerja di Rumah Sakit Wisma Atlet yang berinisial N.

"Perkembangan situasi terakhir menjadikan pemerintah harus bertindak cepat mencegah terjadinya transmisi lokal virus varian Omicron. Isolasi RSDC adalah langkah yang diharapkan efektif untuk tujuan tersebut," tutur Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letnan Jenderal TNI Suharyanto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (16/12).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X