The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menkes: Jangan Takut ke Sekolah, Kita Harus Belajar  Hidup dengan Covid-19
Budi Gunadi Sadikin. (ANTARA/Puspa Perwitasari)
News

Menkes: Jangan Takut ke Sekolah, Kita Harus Belajar Hidup dengan Covid-19

Selasa, 28 September 2021 10:58 WIB 28 September 2021, 10:58 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut, kasus Covid-19  akibat sekolah tatap muka harus mendapat penanganan dengan sigap.

Walau begitu, Budi mengatakan bahwa sekolah tetap harus dibuka. Hal itu guna membiasakan hidup bersama dengan Covid-19.

"Kita harus belajar hidup dengan hal (Covid-19) ini. Jadi saya bicara dengan Pak Nadiem (Mendikbudristek) 'ya ini normal, kita harus belajar hidup dengan ini, jadi manajemen resikonya masih bagus, bukan kita takut atau menghindari," kata Budi, Senin (27/9).

Budi mengatakan, jika sekolah terus ditutup, akan lebih banyak kerugian yang dialami seperti penurunan indeks SDM karena masih diterapkannya sekolah jarak jauh.

"Kita harus mulai pendidikan tatap muka ini karena longterm disbenefit kalau kita tunda, makanya kita fokus sekali melakukan advance surveilans untuk PTM ini," katanya.

Saat dilakukan tes Covid-19 secara acak, hanya 8 dari 22 sekolah di Jakarta yang tidak terdapat kasus Covid-19. Namun Budi menyebut jumlah itu masih kecil dan belum dikatakan klaster.

"Dari 22 sekolah itu ada delapan yang tidak ada (Covid-19) sama sekali. Yang lain kalau adapun, kalau angkanya kecil-kecil itu bukan klaster. Karena klaster kita definisikan kalau penyebarannya terjadi di sekolah," ujarnya.

Diketahui per 24 September 2021, Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah (Paud Dikdasmen) Kemendikbudristek, Jumeri mengatakan masih ada 222 guru & 156 siswa yang tercatat terpapar Covid-19.

"Jadi memang kasus aktif yang ada di satuan pendidikan, untuk PTK terlapor covid-19 ada 222 orang. Kemudian peserta didik itu ada 156 orang yang terlapor covid," ujar Jumeri, Jumat (24/9).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Silvia Marissa

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US