DPR Minta Kemenag Segera Tanggapi Pengumuman Pemerintah Arab Saudi Perihal Haji

- Senin, 10 Mei 2021 | 14:41 WIB
Ibadah Haji di Mekkah, Arab Saudi. (REUTERS/SAUDI PRESS AGENCY)
Ibadah Haji di Mekkah, Arab Saudi. (REUTERS/SAUDI PRESS AGENCY)

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily meminta agar Kementerian Agama dapat segera menanggapi pengumuman ihwal diperbolehkannya pelaksanaan ibadah haji oleh Arab Saudi

“Saya kira Kementerian Agama harus segera menanggapi pengumuman ini dengan melakukan langkah-langkah pro aktif untuk mempersiapkan keberangkatan calon Jemaah haji dari Indonesia,” ujar Ace saat dikonfirmasi Indozone, Senin (10/5/2021).

Ace menekankan yang harus jadi prioritas saat ini adalah mengenai protokol kesehatan hingga perlindungan kesehatan jamaah haji. Pasalnya pandemi Covid-19 hingga kini masih tetap berlangsung.

“Pemerintah Indonesia juga harus terus melakukan pembicaraan dengan pihak Arab Saudi soal kuota haji, penyelenggaraan teknis haji terutama soal kesehatan para calon jemaah haji, dan aspek lainnya agar penyelenggaraan haji ini dapat berjalan dengan baik di tengah masih adanya pandemi Covid-19,” tutur Ace.

Baca Juga: Covid-19 Masih Menggila, Warga Nekat Ramai-ramai Belanja di Pasar

Lebih lanjut Ace menyebut bilamana Komisi VIII DPR RI telah membahas bersama Kementerian Agama RI soal biaya penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, berapapun kuota yang diberikan kepada Indonesia. 

“Yang jelas, pengumuman pemerintah Arab Saudi ini telah memberikan kepastian penyelenggaraan ibadah haji tahun ini,” tandasnya.

Seperti diketahui, Arab Saudi akan memberikan izin ibadah haji untuk tahun ini dengan syarat-syarat khusus untuk tetap mengantisipasi penularan virus Covid-19.

Dilansir dari Reuters, TV pemerintah melaporkan pada hari Minggu jika ibadah Haji di Mekah akan dibuka.

"Mekanisme dan ketentuan penyelenggaraan haji tahun ini akan diumumkan nanti," dikutip dari kementerian haji Arab Saudi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X