Arab Saudi Buka Haji dengan Kondisi Khusus, DPR Harap Jamaah Indonesia Dapat Kuota

- Selasa, 11 Mei 2021 | 14:19 WIB
Arab Saudi menggelar ibadah haji 2021 (REUTERS/Zohra Bensemra/File Photo).
Arab Saudi menggelar ibadah haji 2021 (REUTERS/Zohra Bensemra/File Photo).

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily menuturkan keputusan Pemerintah Arab Saudi tentang penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021 dengan kondisi khusus menjadi kabar positif bagi umat Muslim di seluruh dunia.

“Tentu merupakan kabar gembira untuk umat muslim di dunia, termasuk bagi Indonesia,” kata Ace saat dihubungi Indozone, Selasa (11/5/2021).

Dengan demikian, kata Ace, Pemerintah Arab Saudi telah mempersiapkan penyelenggaraan secara teknis Ibadah Haji. Dia mengharapkan dalam waktu dekat ini ada pengumuman terkait berapa kuota jamaah yang boleh ke sana.

“Tentu pengumuman ini kita harapkan disertai dengan pengumuman berapa kuota yang diberikan kepada masing-masing negara termasuk Indonesia,” ucapnya.

Baca Juga: Pemerintah Arab Saudi Gelar Ibadah Haji Kondisi Khusus, DPR Minta Pemerintah Proaktif

Lebih lanjut, Politisi Golkar itu mengharapkan agar jamaah haji asal Indonesia bisa mendapatkan kouta. Mengingat selama ini selalu menjadi penyumbang terbesar.

“Sebagai negara dengan umat Islam terbesar di Indonesia, tentu seharusnya diberikan kuota terbesar,” tukasnya.

Seperti diketahui, Arab Saudi akan memberikan izin ibadah haji untuk tahun ini dengan syarat-syarat khusus untuk tetap mengantisipasi penularan virus Covid-19.

Dilansir dari Reuters, TV pemerintah melaporkan pada hari Minggu jika ibadah Haji di Mekah akan dibuka.

"Mekanisme dan ketentuan penyelenggaraan haji tahun ini akan diumumkan nanti," dikutip dari kementerian haji Arab Saudi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X