Terungkap! Ini Motif Pria Ajak Terobos Penyekatan: Rasa Benci ke Pemerintah

- Senin, 10 Mei 2021 | 13:16 WIB
Pelaku provokatif ajakan terorbos pos penyekatan mudik. (Dok Humas Polda Aceh)
Pelaku provokatif ajakan terorbos pos penyekatan mudik. (Dok Humas Polda Aceh)

Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri membeberkan motif pria berinisial WHD yang viral karena memprovokasi masyarakat untuk tetap mudik dan menerobos pos penyekatan. Usut punya usut, tersangka ternyata melakukan aksi provokasi lantaran kesal terhadap pemerintah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto. Komjen Agus menyebut tersangka merasa tidak suka dengan pemerintahan saat ini hingga melakukan aksi provokasi.

"Motifnya menentang kebijakan pemerintah atau rasa tidak suka atau benci dengan pemerintah," kata Komjen Agus kepada wartawan, Senin (10/5/2021).

Lebih jauh Agus menyebut tersangka berhasil diamankan pada Minggu 9 Mei 2021. Tersangka diamankan pasca adanya laporan polisi yang masuk ke Polda Aceh.

"Berdasarkan laporan polisi nomor LP.A/53/V/2021/SPKT. DITRESKRIMSUS/POLDA ACEH tanggal 9 Mei 2021," beber Agus.

Baca Juga: Masih Pandemi, Pemkab Garut Larang Warga Gelar Takbir Keliling

Seperti diketahui, sebuah video viral di lini massa menampilkan aksi provokasi yabg dilakukan oleh seorang pria. Pria tersebut mengajak masyarakat untuk mudik dan menerobos pos penyekatan yang ada.

"Terobos di mana semua tempat-tempat penyekatan, perbatasan-perbatasan. Indonesia milik kita, merdeka Indonesia dengan kalimat takbir. Allahuakbar. Kita sudah sangat toleransi, tetapi mereka tidak toleransi dengan kita, Islam. Mereka ingin membungkam Islam, ingin membunuh orang Islam, ingin menghilangkan agama Islam. Sebelum terlambat, bangkit, berjuang, takbir," kata pelaku dalam video viral tersebut.

Tak butuh waktu lama, polisi bergerak cepat menangkap pelaku. Polisi juga sudah menetapkan status tersangka terhadap pelaku dan melakukan penahanan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X