Ahli Virologi Shi Zhengli Mengecam Klaim Covid Bocor dari Laboratorium Wuhan

- Selasa, 15 Juni 2021 | 12:44 WIB
Dr Zhengli telah membantah klaim Covid bocor dari laboratorium. (The Sun)
Dr Zhengli telah membantah klaim Covid bocor dari laboratorium. (The Sun)

Bukti tidak langsung yang menghubungkan asal-usul virus dengan Institut Virologi Wuhan yang menyelidiki virus corona semakin meningkat.

Covid mungkin lolos karena peneliti terinfeksi membuang limbah dengan tidak semestinya atau potensi pelanggaran keamanan di lab.

China menyangkal kebocoran laboratorium dan semua kesalahan atas penanganannya terhadap wabah Covid-19 awal pada Desember 2019.

Ahli virologi Shi Zhengli atau wanita kelelawar telah mengecam semua tuduhan terhadap dia dan laboratorium, menuduh dunia 'menuangkan kotoran pada ilmuwan yang tidak bersalah'.

Peneliti yang dikenal sebagai 'wanita kelelawar' memberikan wawancaranya kepada The New York Times.

Dia mengatakan tidak ada bukti virus itu bocor dari laboratorium.

"Bagaimana saya bisa menawarkan bukti untuk sesuatu yang tidak ada buktinya?" kata ilmuwan itu, dikutip dari The Sun.

"Saya tidak tahu bagaimana dunia menjadi seperti ini, terus-menerus menuangkan kotoran pada ilmuwan yang tidak bersalah," lanjutnya.

Dr Shi juga membantah melakukan eksperimen keuntungan fungsi, tes untuk membuat virus lebih menular yang secara luas dilaporkan terjadi di laboratorium.

Dia juga membalas klaim bahwa staf WIV jatuh sakit dengan gejala seperti Covid pada November 2019.

-
Laboratorium Wuhan. (Reuters)

Sampai saat ini belum ada bukti yang menunjukkan virus tersebut berasal dari China.

Tapi sebuah video mengejutkan menunjukkan kelelawar hidup disimpan di laboratorium Wuhan di pusat badai kebocoran Covid.

Rekaman tampaknya menunjukkan kelelawar ditahan di WIV meskipun ada penyangkalan oleh ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Video yang dirilis oleh Sky News Australia dari Chinese Academy of Sciences (CAS) menunjukkan kelelawar hidup ditahan di kandang di lab bio empat tahun lalu, dikutip dari The Sun.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X