Kepercayaan Masyarakat Terhadap Jokowi Anjlok, DPR Sarankan Hal Ini

- Selasa, 20 Juli 2021 | 15:07 WIB
Presiden RI, Joko Widodo. (photo/Instagram/@jokowi)
Presiden RI, Joko Widodo. (photo/Instagram/@jokowi)

Ketua Fraksi PAN di DPR RI, Saleh Partaonan Daulay menyoroti hasil survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengenai evaluasi penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air. Survei itu menyebut, tingkat kepercayaan publik terhadap kinerja pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 menurun drastis.

"Hasil survei itu perlu dipelajari secara terperinci. Dengan begitu, akan diketahui titik lemah pelayanan yang diberikan pemerintah," kata Saleh dalam keterangan persnya, Senin (19/7).

Saleh menduga, menurunnya tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah disebabkan pengalaman kurang mengenakkan masyarakat saat mengakses layanan kesehatan di tengah pandemi.

"Bisa juga mereka memiliki pengalaman dalam menjaga keluarganya yang sakit atau paling tidak, mereka mendengar dari teman dan saudara mereka yang pernah berjuang melawan Covid-19," ujarnya.

Untuk itu, Saleh memberikan saran kepada pemerintahan Jokowi dalam evaluasi penanganan pandemi Covid-19. Pertama, mengenai ketersediaan ruang perawatan untuk pasien yang terinfeksi Covid-19. Kemudian, memadainya alat-alat kesehatan, dan juga ketersediaan obat-obatan untuk Covid-19.

Ia juga mengingatkan pemerintah untuk memastikan kecukupan jumlah dokter, perawat dan tenaga kesehatan. Pemerintah juga harus konsisten dalam menjalankan testing, tracing, enyediaan sarana isolasi mandiri, memberikan bantuan sosial, mempercepat program vaksinasi, dan mengamankan agar kondisi ekonomi masyarakat tetap stabil.

"Itu mudah sekali disebutkan. Namun, dalam pelaksanaannya tidak mudah. Mari dukung pemerintah untuk merealisasikannya. Tanpa dukungan masyarakat, pemerintah pasti akan kesulitan untuk bekerja," kata Saleh.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X