Sedih! Bayi Beruang Madu Ditinggal Induknya di Hutan, Begini Nasibnya Sekarang

- Kamis, 12 Mei 2022 | 10:07 WIB
Bayi beruang madu ditinggalkan induknya (Dok. BBKSDA Riau)
Bayi beruang madu ditinggalkan induknya (Dok. BBKSDA Riau)

Konflik hewan buas dengan manusia sering terjadi di sebagian wilayah Provinsi Riau. Misalnya dengan harimau Sumatera, gajah, buaya muara, hingga beruang madu.

Baru-baru ini warga di Dumai, Riau, membawa bayi beruang madu dari dalam hutan. Bukan untuk dipelihara, anak beruang madu betina itu kemudian diserahkan pada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau.

-
Bayi beruang madu diserahkan ke BBKSDA Riau (Dok. BBKSDA Riau)

Seperti dikutip dari akun instagram @bbksda.riau diketahui yang menyerahkan bayi beruang madu (Helarctos Malayanus) adalah pekerja di PT. RUJ, Tanjung Penyembal, Sungai Sembilan.

Menurut pekerja, seperti hari biasanya mereka melakukan panen di kawasan hutan tanam industri perusahaan. Tapi enggak disangka mereka malah bertemu seekor anak beruang madu sendirian.

-
Dirawat oleh BBKSDA Riau (Dok. BBKSDA Riau)

Para pekerja mulanya berinisiatif menunggu induk beruang madu datang untuk membawa anaknya. Tetapi setelah sekian lama, tidak ada tanda-tanda induknya tiba.

Akhirnya pekerja menyerahkan anak beruang yang kini berumur sekitar tiga minggu itu ke BBKSDA Riau. Saat ini anak beruang malang tersebut dirawat oleh dokter hewan. Jika nanti sudah dewasa dan dianggap mandiri, beruang tersebut bakal dilepas liarkan kembali.

Plt. Kepala Bidang KSDA WII. II, Hartono mengimbau warga Riau dan Kepulauan Riau yang melihat satwa dilindungi telantar, supaya menghubungi call centre di 081374742981.

Beruang madu sendiri merupakan hewan liar yang dilindungi. Ancaman pidana jika melukai, memperjual belikan, menangkap, atau membunuh juga tidak main-main. Bisa dipidana penjara paling lama 5 tahun serta denda paling banyak Rp100 juta sesuai dalam UU No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya. 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

-
IDZ Creators

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X