BMKG Peringatkan Hujan Lebat di Sebagian Wilayah

- Minggu, 2 Mei 2021 | 10:15 WIB
Ilustrasi petir. (Pexels/Andre Furtado)
Ilustrasi petir. (Pexels/Andre Furtado)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Indonesia.

Dikutip dari Antara, Minggu (2/5/2021), BMKG menjelaskan provinsi yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang, yakni Aceh, Banten, Bengkulu, Jawa Barat.

Kondisi yang sama juga berpotensi terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara. Kemudian, Papua, Papua Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.

BMKG menyampaikan sirkulasi siklonik terpantau di Aceh bagian utara dan perairan Utara Papua Barat - Papua yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Pesisir Barat Sumatera Utara hingga Aceh, dari Bengkulu hingga Sumatera Barat dan di Papua Barat.

BACA JUGA: Pemuda Terduga Hina Kru KRI Nanggala 402 Minta Maaf, Ternyata Alami Gangguan Jiwa

Daerah konvergensi lainnya memanjang dari Sumatera Utara hingga Pesisir Barat Aceh, di Selat Malaka bagian Utara, di Bengkulu, di Pesisir Selatan Jawa Tengah hingga Jawa Barat, dari Kalimantan utara hingga Selat Karimata, di Kalimantan Selatan, dari Sulawesi Tenggara, Selat Makassar bagian Tengah hingga Kalimantan Tengah bagian Selatan dan di Maluku.

Sementara daerah pertemuan angin (konfluensi) juga terpantau di Laut Sulawesi dan di perairan Utara Papua Barat.

BMKG mengatakan kondisi itu mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi dan konfluensi tersebut.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X