The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tol Kalikangkung hingga Tol Halim Satu Arah, Simak Arus Lalu Lintas yang Dialihkan
Foto udara sejumlah kendaraan antre memasuki Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
News

Tol Kalikangkung hingga Tol Halim Satu Arah, Simak Arus Lalu Lintas yang Dialihkan

Bagaimana rekayasa lalu lintasnya?

Sabtu, 07 Mei 2022 11:44 WIB 07 Mei 2022, 11:44 WIB

INDOZONE.ID - Pemberlakukan satu arah atau one way dari Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Semarang-Batang hingga Km 03+500 Halim Jakarta demi mengurai kemacetan arus balik mudik lebaran 2022. Beberapa rekayasa lalu lintas pun juga diberlakukan.

"Sebagai dampak pemberlakuan one way dari arah Ruas Tol Jakarta-Cikampek mencapai KM 03+500, atas diskresi Kepolisian dilakukan rekayasa yaitu pengalihan lalu lintas di Simpang Susun (SS) Cawang, Gerbang Tol (GT) Kalimalang 2 dan SS Cikunir arah Cikampek," kata Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad, Irra Susiyanti dalam siaran persnya, Sabtu (7/5/2022).

Baca Juga: Arus Balik Lebaran 2022, Garuda dan Citylink Siap Angkut 51 Ribu Penumpan

Berikut lalu lintas yang dialihkan karena adanyanya penerapan skema one way:

1. Pengalihan lalu lintas di SS Cawang

Pengalihan ini dimulai pukul 00.15 WIB, dengan melakukan penutupan di tiga titik lokasi yang menuju tol Jakarta-Cikampek yaitu:

a. Km 00+400 B Ruas Tol Cawang-Tomang-Pluit (dari Semanggi arah Cawang/Cikampek)

b. KM 00+200 B Ruas Tol Cawang-Tanjung Priok-Pluit yang dikelola oleh PT Citra Marga Nusaphala Persada/CMNP (dari Priok arah Cawang/Cikampek)

c. On ramp UKI (dari arteri Cawang/UKI arah Cikampek via Tol)

Pengguna jalan tol dari arah Semanggi/Cawang yang akan menuju arah Cikampek dialihkan ke arah Cawang-Tanjung Priok-Pluit (CMNP) dan ke arah Jagorawi. Sedangkan, pengguna jalan tol dari arah Jatinegara/Rawamangun dialihkan ke arah Cawang-Tomang-Pluit dan ke arah Jagorawi.

2. Pengalihan lalu lintas dari Ruas JORR E menuju ke Cikampek

a. Penutupan GT Kalimalang 2
Pengalihan lalu lintas yang akan masuk GT Kalimalang 2 Ruas Tol JORR arah Cikampek dimulai pukul 07.15 WIB. Pengguna jalan yang akan menuju Cikampek dialihkan melalui jalan arteri Kalimalang.

b. Penutupan Ramp Km 45+200 A SS Cikunir (dari Jati Asih arah  Cikampek) mulai pukul 00.53 WIB. Pengguna jalan dialihkan ke arah Rorotan/Tanjung Priok.

c. Penutupan Ramp Km 46+200 B SS Cikunir (dari Rorotan arah Cikampek) mulai pukul 00.53 WIB. Pengguna jalan dialihkan menerus ke arah Jatiasih/Taman Mini.

Selain itu, untuk mendukung one way ini diberlakukan rekayasa pada GT Cikunir 1, yang seharusnya digunakan untuk transaksi dari arah Cawang, digunakan untuk transaksi dari jalur one way untuk pembayaran tol Ruas JORR arah Rorotan maupun Jatiasih.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US