Nirina Zubir Jadi Korban Mafia Tanah, Polisi Ternyata Sudah Ciduk 5 Pelakunya

- Rabu, 17 November 2021 | 16:03 WIB
Nirina Zubir. (Instagram/@nirinazubir_)
Nirina Zubir. (Instagram/@nirinazubir_)

Artis Nirina Zubir ternyata sempat menjadi korban mafia tanah dan pernah melaporkan kasus tersebut ke Polda Metro Jaya. Usut punya usut ternyata Polda Metro Jaya sendiri sudah menangkap lima pelaku dari sindikat ini.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kasubdit Harda Ditreskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Petrus Silalahi. Petrus menyebut dari laporan sang artis, pihaknya sudah menangkap lima orang tersangka.

"Jadi sudah ada lima orang ditetapkan sebagai tersangka yang dilaporkan di mana korbannya Nirina Zubir," kata Petrus saat dihubungi wartawan, Rabu (17/11/2021).

Satu dari lima tersangka disebut Petrus merupakan orang terdekat dari Nirina yang bernama Riri. Riri sebelumnya pernah mengasuh ibu dari Nirina.

Kasus itu sendiri bermula saat sertifikat milik Nirina dipegang oleh Riri. Sertifikat itu kemudian dibalikkan nama menjadi nama orang lain dengan bantuan figur palsu.

"Oleh Riri ini membalikkan nama seluruh sertifikat hak milik tersebut dengan menggunakan figur dan bersama-sama notaris yang kita telah tetapkan tersangka," beber Riri.

BACA JUGA: Sederet Fakta Letjen Dudung, KSAD Baru yang Dilantik Jokowi Hari Ini

Singkat cerita, tanah yang sertifikatnya sudah berganti nama dijual seharga Rp17 miliar. Polda Metro Jaya pun berhasil membongkar kasus ini setelah pihaknya mendapat laporan polisi dari Nirina.

Atas perbuatannya, para tersangka dikenakan  Pasal 378. 372 dan 263 KUHP tentang penipuan dan pemalsuan dokumen. Para tersangka terancam hukuman di atas lima tahun penjara.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X