Penyakit Kusta Semakin Parah, Jari Pedagang Ikan Keliling Ini Terancam Diamputasi

- Selasa, 23 November 2021 | 20:12 WIB
Perjuangan hidup Pak Hans. (Photo/Yayasan Rumah Pangan Bangsa)
Perjuangan hidup Pak Hans. (Photo/Yayasan Rumah Pangan Bangsa)

Pria bernama Hans Winche mengalami hidup yang cukup sulit. Akrab disapa Pak Hans, ia merupakan seorang disabilitas yang mengalami penyakit kusta di tangan.

Dari unggahan lembaga kemanusiaan Yayasan Rumah Pangan Bangsa, jari-jari Pak Hans sudah tidak lengkap dan terancam diamputasi. Sebab, penyakit yang dideritanya semakin parah.

Pedagang Ikan Keliling

-
(Photo/Yayasan Rumah Pangan Bangsa)

Meski memiliki kekurangan karena menjadi seorang disabilitas, Pak Hans justru tidak kekurangan semangat hidup untuk mencari nafkah sehari-hari.

Ia menggunakan becak motornya untuk menggeluti profesi sebagai pedagang ikan keliling selama 6 tahun lebih. Meski tidak memiliki kesempurnaan berjalan, menjadi tulang punggung keluarga membuatnya tetap mencari nafkah bagi keluarganya.

Pak Hans memiliki seorang istri dan lima orang anak yang selalu menunggunya di rumah sepulang berjualan ikan keliling.  Penghasilan yang didapatkan Pak Hans juga tidak menentu, bahkan ia hanya mendapatkan sekitar Rp270 ribu per hari.

Tinggal di Rumah Gratis dan Tanpa Listrik

-
(Photo/Yayasan Rumah Pangan Bangsa)

Selain hidup yang cukup kekurangan, Pak Hans dan keluarganya tinggal di rumah tetangganya secara gratis. Ia mengaku bahwa pemilik rumah cukup baik meringankan beban Pak Hans.

“Alhamdulillah pemilik rumah ini baik hati. Saya tinggal di sini gratis. Kalau harus bayar saya tidak tahu lagi harus bayar pakai apa,” ujar Pak Hans.

Selain keterbatasan biaya hidup, setiap malam mereka lewati tanpa adanya aliran listrik. Pak Hans tidak ada uang untuk pengadaan fasilitas listrik di rumahnya.

Penyakit Semakin Parah

-
(Photo/Yayasan Rumah Pangan Bangsa)

Sayangnya, penghasilan Pak Hans berhenti setelah dirinya tidak berjualan lagi dan tidak memiliki pemasukan. Hal ini dikarenakan sakit kusta ditangannya semakin parah.

Pak Hans juga ingin segera mengobati penyakitnya. Tapi ia belum punya uang yang cukup untuk berobat.

“Saya harus segera mengobati penyakit kusta ini biar bisa jualan lagi,” tambah pak Hans.

Netizen yang ingin membantu Pak Hans dapat mengonfirmasi bantuan melalui 08112467584 atau langsung ke Kantor Rumah Pangan Bangsa di Jl. Setra Dago Utara No. 27, Antapani Wetan, Antapani, Kota Bandung. Tidak hanya itu, Kamu juga bisa mengirim bantuan melalui laman ini *Bantuan untuk Pak Hans.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X