The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Perkokoh Korps Bhayangkara di Kancah Global, Polri Jalin Kerja Sama Dengan 3 Negara
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo memberikan keterangan pers terkait penandatanganan kerja sama bilateral Polri dan sejumlah negara di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (6/12/2021). (ANTARA/Laily Rahmawaty)
News

Perkokoh Korps Bhayangkara di Kancah Global, Polri Jalin Kerja Sama Dengan 3 Negara

Senin, 06 Desember 2021 22:00 WIB 06 Desember 2021, 22:00 WIB

INDOZONE.ID - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menjalin kerja sama internasional dengan tiga negara, yakni Selandia Baru, Serbia dan Brunai Darussalam. Hal tersebut dilakukan dalam rangka memperkokoh keberadaan Korps Bhayangkara di kancah global.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyebutkan bahwa dua dari tiga kerja sama yang hari ini, Senin (06/1), dilakukan penandatanganan merupakan perpanjangan, sedangkan satu kerja sama baru dengan Serbia.

"Kerja sama pertama dengan Selandia Baru, ada beberapa pointer yang ditingkatkan pada tahun 2021 dan untuk ke depannya," kata Dedi di Mabes Polri, seperti dilansir Antara.

Dedi menjelaskan bahwa beberapa kerja sama yang ditingkatkan antara lain meliputi pemberantasan transnasional crime seperti terorisme, perdagangan gelap narkoba, penyelundupan senjata api, perdagangan orang dan perlindungan manusia , pencucian uang , kejahatan keuangan dan ekonomi, kejahatan siber dan kejahatan transnasional lainnya.

"Selain itu juga kerja sama ini dalam rangka meningkatkan kapasitas 'building' antara kepolisian Selandia Baru dan Polri, serta meningkat kompetensi anggota kepolisian kedua negara," tutur Dedi.

Lebih lanjut Sekretaris National Central Bureau (NCB) Divisi Hubungan Internasional (Hubiter) Polri Brigjen Pol Amur Chandra menjelaskan, penandatanganan perpanjangan "arragement" dengan Selandia Baru hari ini memperkuat "arragement" yang sudah ada sebelumnya.

Amur mengatakan bahwa kerja sama sebelumnya, Polri mengirimkan sejumlah perwira ke Selandia Baru dalam rangka kegiatan "double degree" S2 dan S3.

Kemudian, kerja sama dalam kegiatan penanggulangan transnasional crime, bantuan nasional kepolisian.

"Sewaktu kejadian teroris di Selandia Baru, Polri pun memberikan bantuan saran-saran dan informasi terhadap kejadian tersebut, sehingga bisa diketahui jaringan para pelaku teroris dengan data yang dimiliki Polri," kata Amur.

Terkait kerja sama baru dengan Serbia, Amur menjelaskan, penandatanganan kerja sama dilakukan secara virtual antara Polri dengan Kementerian Dalam Negeri Serbia yang membidangi kepolisian.

"Penandatanganan dilakukan juga secara virtual hari ini ditandatangani oleh Kapolri kemudian berkas administrasi penandatangan itu akan dikirim ke Serbia untuk ditandatangani oleh pihak Serbia," ujar Amur.

Selain itu, penandatangan perpanjangan kerja sama dengan Brunai Darussalam yang secara otomatis berlangsung lima tahun dan juga sudah diperpanjang secara nota diplomatik kepada Polri.

"Jadi ada tiga kerja sama internasional yang dijajaki Polri akhir tahun ini. Diharapkan akan lebih memperkuat kerja sama Polri dengan dunia internasional dengan kepolisian internasional dan dapat lebih memperkokoh keberadaan Indonesia di kancah pergaulan internasional," tutur Amur.

TAG
Zal
Zal

Zal

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US