Layani Pengungsi Erupsi Semeru, Kemenkes Siagakan Pos hingga RS Rujukan

- Senin, 6 Desember 2021 | 08:22 WIB
Warga mencari sisa barang dari rumahnya yang hancur akibat erupsi gunung Semeru di desa Supiturang, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/foc.
Warga mencari sisa barang dari rumahnya yang hancur akibat erupsi gunung Semeru di desa Supiturang, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/foc.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiagakan sejumlah fasilitas kesehatan untuk melayani warga terdampak erupsi Gunung Semeru. Kepala Pusat Krisis Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) Eka Jusup Singka mengatakan, fasilitas kesehatan bagi warga berada di pos pengungsian hingga rumah sakit (RS) rujukan.

"Kemenkes telah menyiapkan empat pos pengungsian untuk fasilitas kesehatan. Di setiap pos tersebut ada pos kesehatan yang melaksanakan pelayanan kesehatan sebanyak 77 orang di tenda pengungsi tersebut," kata Eka dalam acara konferensi pers Perkembangan Pascaerupsi Gunung Semeru yang diikuti secara daring di Jakarta, Minggu, (5/12/2021).

Dia menjelaskan, empat pos pengungsian tersebut berada di Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Candipuro, Jawa Timur.

Selain itu, ada 13 puskesmas di Lumajang yang akan memberikan pelayanan terhadap warga terdampak letusan Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021). Selain itu, ada pula 50 puskesmas di sekitaran Kabupaten Malang dan perbatasan daerah tersebut.

Adapun untuk warga yang mengalami luka bakar atau luka cukup berat, Kemenkes akan membantu merujuk korban tersebut ke rumah sakit rujukan yang memenuhi syarat. Ada  lima rumah sakit rujukan di Surabaya, Jawa Timur, yang disiagakan untuk memenuhi kebutuhan ini.

Sementara itu, korban dengan luka bakar di bawah 20 persen, dapat dirujuk ke rumah sakit swasta yang ada di sekitar daerah itu, seperti Rumah Sakit Kepanjen, Malang, Jawa Timur.

"Mudah-mudahan pelaksanaan ini bisa berjalan dengan lancar," kata Eka.

Menurutnya, Kemenkes juga telah mengirimkan logistik kesehatan untuk penanganan erupsi Gunung Semeru. Sejumlah logistik yang telah dikirim berupa alat kesehatan dasar, antara lain berupa masker bedah, masker untuk anak-anak, masker kain, dan masker N95.

Pengiriman barang logistik itu juga berupa tenda satu unit dengan ukuran 6 x 12, ventilator, regulator tabung oksigen, hand sanitizer, termasuk penjernih air cepat serta disinfektan. Nantinya, semua logistik kesehatan tersebut akan dipusatkan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

"Sudah masuk semua logistik-logistik yang sudah dikirim dari Jakarta bersama-sama juga dari BNPB," kata Eka 

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X