The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bersejarah! WHO Izinkan Vaksin Malaria Pertama di Dunia, Mosquirix
Pemberian vaksin malaria untuk anak-anak di Kenya. (Reuters/James Keyi)
News

Bersejarah! WHO Izinkan Vaksin Malaria Pertama di Dunia, Mosquirix

Jumat, 08 Oktober 2021 09:54 WIB 08 Oktober 2021, 09:54 WIB

INDOZONE.ID - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru saja memberikan izin vaksin malaria pertama di dunia. WHO mengizinkan vaksin bernama Mosquirix itu untuk diberikan pada anak di atas 5 bulan di negara yang mengalami kasus malaria dengan jumlah tinggi.

"Ini adalah sebuah momen bersejarah. Vaksin malaria untuk anak yang sudah lama ditunggu-tunggu ini adalah sebuah terobosan dalam sains, kesehatan anak, dan upaya pengendalian malaria," kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, Rabu (6/10).

Vaksin tersebut sebenarnya sudah terbukti efektif dalam uji klinis 6 tahun lalu. Namun penggunaannya belum bisa tersebar secara luas karena masih menunggu data dari program uji coba di beberapa negara di Afrika.

Kini, vaksin Mosquirix telah terbukti mengurangi tingkat keganasan penyakit malaria pada anak-anak sampai 30 persen dan tak ditemukan efek samping yang serius.

"Sampai hari ini sudah lebih dari 2,3 juta dosis vaksin diberikan di tiga negara Afrika. Vaksin memiliki profil keamanan yang baik," kata WHO.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Silvia Marissa
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US