Lima Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Hadapi Anjing Galak

- Kamis, 5 September 2019 | 17:06 WIB
photo/dogtutorial.com
photo/dogtutorial.com

Beberapa waktu lalu, seorang ART di Cipayung, Jakarta Timur dilaporkan tewas akibat diserang anjing jenis Malinois Belgian milik seorang presenter televisi bernama Bima Aryo. Terlepas dari kejadian ini, anjing merupakan salah satu hewan yang ditakuti banyak orang karena bisa kapan saja digigit.

Namun sebenarnya, ada beberapa tips khusus untuk menghadapi anjing galak. Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Kamis (5/9), inilah empat hal yang bisa kamu lakukan ketika diserang anjing:

1. Cari Sesuatu yang Mengalihkan Perhatian Anjing

-
photo/Youtube/Fritz Dog

Ketika menghadapi anjing galak yang hendak menyerangmu, segeralah cari sesuatu untuk mengalihkan perhatian anjing. Misalnya, botol minuman, permen, koin atau apa pun kecuali lengan atau kakimu. Dengan mengalihkan perhatiannya, bisa menjadi kesempatanmu untuk melarikan diri.

2. Hindari Kontak Mata Langsung dengan Anjing

-
photo/dogsofsaltlake.com

Ingat, hindari tatapan mata langsung ke mata anjing. Seekor anjing yang menerima kontak mata tersebut akan merasa terancam dan tentu saja itu memancing anjing untuk menyerangmu.

3. Perhatikan Bahasa Tubuh Anjing

-
photo/wikihow.com

Bahasa tubuh juga berpengaruh kepada anjing. Ketika merasa akan diserang, sebaiknya kamu perhatikan bahasa tubuh anjing tersebut. Kalau kita berjalan mundur ke belakang, anjing akan melihatnya sebagai tanda siap diserang. Sedangkan, kalau kita tetap berjalan ke depan, maka anjing akan merasa orang yang akan diserangnya itu lebih dominan daripada dia.

4. Jangan Lari

-
photo/warriors.co.uk

Kebanyakan orang langsung lari ketika melihat anjing menggeram dan menggonggong ke arah mereka. Padahal, dengan berlari akan membuat si anjing justru semakin kencang mengejarmu karena dianggap sebagai mangsa. Maka dari itu, sebisa mungkin tetap tenang, cuek, dan berjalan seolah tidak terjadi apa-apa di sekitar.

5. Tetap Diam dan Tidak Panik

-
photo/dogtutorial.com

Seorang pelatih anjing dari BlackFace Club, Kenny Rao, mengatakan saat anjing menggonggong atau menggeram, sebaiknya tetaplah tenang dan tidak panik menghadapinya. Karena sebenarnya, anjing menggonggong belum tentu ingin menyerang.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X