Gunung Karangetang Erupsi, Warga Dievakuasi
Erupsi Gunung Karangetang 12 Mei 2015. (Reuters)
News

Gunung Karangetang Erupsi, Warga Dievakuasi

Yulia Marianti
Jumat, 13 September 2019 15:08 WIB 13 September 2019, 15:08 WIB

INDOZONE.ID - Warga Desa Winangun di Kecamatan Siau Barat Utara dievakuasi setelah erupsi yang terjadi Gunung Karangetang, Sulawesi Utara pada Kamis (12/9) pukul 09.49 WIB.

Evakuasi dilakukan oleh Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sitaro. Tim kemudian berhasil mengevakuasi 16 keluarga yang terdiri atas 47 warga Desa Winangun.

"Dievakuasi ke tempat pengungsian yang berada di Gereja Masehi Injil Sangihe Talaud," kata Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo, di Jakarta, Jumat (13/9).

Selain mengevakuasi, Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Sitaro juga mengimbau warga yang tinggal di daerah dalam radius empat kilometer dari puncak Gunung Karangetang, untuk menjauhi kawasan di sekitar gunung api itu.

Menurut data Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, saat ini, tingkat aktivitas gunung dengan ketinggian 1.784 mdpl itu berada di Level III (Siaga).

Pada 12 September 2019, Gunung Karetang tercatat mengalami 33 kali gempa guguran, 8 kali gempa hembusan, 5 kali gempa hybrid serta tremor menerus dengan amplitudo 0.25 – 7 mm, dominan 1 mm.

Warga diminta untuk selalu memakai masker agar terhindar dari dampak paparan abu vulkanik akibat erupsi Gunung Karangetang.

Artikel Menarik Lainnya:

    TAG
    Editor Media
    TERKAIT DENGAN INI
    ARTIKEL LAINNYA
    LOAD MORE