Di Tengah Wabah Corona, Lukisan Berharga di Universitas Oxford Digondol Maling

- Senin, 30 Maret 2020 | 12:16 WIB
Dua daru tiga lukisan yang dicuri di Universitas Oxford (kiri: Twitter/@ThamesVP, kanan: thamesvalley.police.uk)
Dua daru tiga lukisan yang dicuri di Universitas Oxford (kiri: Twitter/@ThamesVP, kanan: thamesvalley.police.uk)

Saat beberapa kampus di wilayah Inggris sedang diliburkan karena virus corona, beberapa pencuri berhasil membobol Universitas Oxford. Mereka menggondol lukisan berharga yang dipajang di Christ Church Picture Gallery, bagian dari Universitas Oxford. 

Melansir dari Guardian, polisi dari Thames Valley mengatakan ada beberapa lukisan berhasil dibobol maling sekitar pukul 11 malam waktu setempat pada pertengahan Maret lalu. Sampai saat ini, polisi belum berhasil menangkap pelaku yang mencuri lukisan tersebut.

"Beberapa karya seni itu sampai saat ini belum ditemukan, tapi lewat penyelidikan yang sedang dijalankan akan segera menemukannya dan membawa mereka yang bertanggung jawab ke tangan hukum," ujar Detektif Jon Capps dari Kepolisian Thames Valley. 

Polisi menjelaskan setidaknya ada tiga lukisan yang dicuri malam itu. Salah satunya adalah lukisan tua 'A Soldier on Horseback' karya Anthony Van Dyck yang dibuat pada 1616 lalu. 

Sementara dua lukisan lainnya terdiri dari 'A Rocky Coast, With Soldiers Studying a Plan' (1640) karya Salvator Rosa dan lukisan 'A Boy Drinking' (1580) karya Annibale Carracci. Ketiga lukisan tersebut bernilai US$12 juta atau sekitar Rp180 miliar lebih.

-
lukisan 'A Boy Drinking' (1580) karya Annibale Carracci. (thamesvalley.police.uk)

"Lukisan-lukisan yang telah dicuri itu merupakan lukisna berharga yang berasal dari abad 16 dan 17," ujar Capps.

Sampai saat ini, pihak kepolisian masih memeriksa beberapa CCTV di wilayah terkait. Ada dugaan bila pelaku masuk dari sungai Thames menggunakan perahu. 

Dugaan ini muncul berdasarkan beberapa saksi yang mengatakan bila saat jam kejadian, ada sebuah perahu yang melintas di tempat itu. Namun, sampai saat ini keterangan tersebut masih dikonfirmasi oleh pihak kepolisian.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X