Fakta Menarik Underpass NYIA yang Akan Diresmikan Jokowi Hari Ini

- Jumat, 31 Januari 2020 | 09:10 WIB
Underpass NYIA di Kabupaten Kulonprogo, Provinsi DIY yang akan diresmikan Presiden Joko Widodo, Jumat (31/1/2020). (INDOZONE/Sigit Nugroho)
Underpass NYIA di Kabupaten Kulonprogo, Provinsi DIY yang akan diresmikan Presiden Joko Widodo, Jumat (31/1/2020). (INDOZONE/Sigit Nugroho)

Ada sejumlah fakta menarik tentang underpass New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Jumat (31/1/2020).

Deretan fakta menarik ini yang kemudian membedakan underpass NYIA dengan underpass lainnya di Indonesia. Apa saja itu?

Berikut Indozone rangkum, fakta menarik underpass NYIA yang akan diresmikan Jokowi:

1. Underpass Terpanjang se-Indonesia

-
Underpass NYIA di Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta yang akan diresmikan Presiden Jokowi, Jumat (31/1/2020). (INDOZONE/Sigit Nugroho)

 

Underpass NYIA tercatat sebagai yang terpanjang di Indonesia saat ini. Total panjangnya mencapai 1,4 kilometer, terdiri dari konstruksi terowongan (slab tertutup) sepanjang 1.095 meter, serta jalan pendekat arah timur dan barat, masing-masing sepanjang 110 meter dan 100 meter. Underpass ini memiliki lebar 7,85 meter, clearance atas 5,2 meter dan samping 18,4 meter.

"Ini adalah underpass terpanjang (di Indonesia) yang bisa kita bangun saat ini. Panjangnya hampir sekitar 1,1 km (terowongan) dengan dilengkapi teknisnya ada beberapa emergency exit," ujar Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Sugiyartanto kepada Indozone, di Kulonprogo, Yogyakarta, Kamis (30/1/2020).  

2. Dibangun dalam Waktu Singkat

-
Underpass NYIA. (INDOZONE/Sigit Nugroho)

 

Underpass NYIA tercatat dibangun dalam waktu yang cukup singkat, yaitu hanya 13 bulan saja. Pembangunan underpass NYIA sendiri menghabiskan anggaran sekitar Rp263 miliar. 

Underpass NYIA mulai dibangun pada November 2018 dan telah bisa dirampungkan pembangunannya pada Desember 2019 lalu. 

"Kita membangun ini hanya dalam waktu cukup singkat, satu tahun lebih sedikit," ujar Sugiyartanto. 

3. Penuh Ornamen Berkarakter Kearifan Lokal

-
Ornamen 3D berbentuk orang menari Jatilan yang terdapat di sepanjang underpass NYIA (INDOZONE/Sigit Nugroho)

Tak hanya fungsinya saja sebagai penghubung jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa, underpass yang dibangun melintasi Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) ini juga dibuat semenarik mungkin, dengan melibatkan unsur kearifan lokal di Yogyakarta. 

Bahkan, Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X memberikan sentuhan langsung dengan mengusulkan ornamen-ornamen 3D berkarakter orang menari Jatilan, yang merupakan kesenian tari khas Yogyakarta dan sarat arti kerakyatan. 

"Ini bagian dari kearifan lokal yang kita tampilkan. Kebetulan dari 'Ngarso Dalem' (Sri Sultan) memberikan masukan untuk memberikan muatan lokal dari kesenian budaya lokal," ungkap Sugiyartanto. 

4. Underpass Pertama yang Melintasi Bandara

-
Underpass NYIA di Kabupaten Kulonprogo, Provinsi DIY. (INDOZONE/Sigit Nugroho)

Underpass NYIA merupakan underpass pertama di Indonesia yang dibangun melintasi Bandar Udara (Bandara).

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X