Catat, Pembatalan Tiket Kereta Api Bisa Online Lho

- Rabu, 25 Maret 2020 | 11:51 WIB
Ilustrasi kereta api jarak jauh (ANTARA)
Ilustrasi kereta api jarak jauh (ANTARA)

PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) memastikan, pembatalan tiket perjalanan Kereta Api jarak jauh bisa dilakukan secara online di masa tanggap darurat virus corona ini. 

Hal itu disampaikan oleh Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa dalam keterangan resminya kepada Indozone, Rabu (25/3/2020). 

Eva mengungkapkan, terhitung sejak Senin (23/3/2020), KAI Daop 1 Jakarta telah melakukan pengurangan jadwal perjalanan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Terdapat 19 keberangkatan KA yang mengalami pembatalan perjalanan, dengan jadwal keberangkatan kurun waktu 23 Maret - 1 April 2020. 

Eva mengatakan, KA yang mengalami pembatalan operasional tersebut merupakan kereta-kereta yang memiliki jarak berdekatan, sehingga calon penumpang memiliki pilihan KA lain jika memang harus tetap melakukan perjalanan. Namun, jika calon penumpang tidak berkenan dialihkan ke KA lain, maka dapat dilakukan pembatalan tiket dengan bea pengembalian 100%.

"Pembatalan dapat dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access," ujar Eva. 

Pembatalan tiket dengan pengembalian bea 100% juga berlaku bagi calon penumpang KA yang memiliki jadwal keberangkatan pada masa tanggap darurat virus corona, yaitu 23 Maret - 29 Mei 2020. 

-
Pembatalan tiket di stasiun kereta (ANTARA)

Secara total, terhitung sejak 1 maret 2020 hingga kini sekitar 71 ribu tiket untuk keberangkatan sampai dengan 90 hari kedepan telah dilakukan proses pembatalan baik melalui loket stasiun dan jalur online.

Meskipun pembelian tiket melalui stasiun dan chanel penjualan tiket yang lain, calon penumpang tetap bisa melakukan pembatalan di aplikasi KAI Access. 

"Yang penting nomor identitas yang didaftarkan pada akun aplikasi KAI Access harus sesuai dengan nomor identitas pemesan tiket. Pembatalan melalui KAI Access juga bisa untuk membatalkan tiket lainnya yang masih memiliki satu kode booking," jelas Eva.  

Namun demikian, yang perlu dipastikan adalah calon penumpang memiliki aplikasi KAI Access dengan versi paling update, sehingga dapat membatalkan tiket dengan pengembalian bea 100%. Maka itu Eva menyarankan agar para pengguna yang telah memiliki Aplikasi KAI Access, dapat melakukan proses update pada aplikasi tersebut.

Jika tidak melakukan pembatalan melalui aplikasi KAI Access, lanjut Eva, calon penumpang dapat langsung datang ke loket pembatalan yang ada di stasiun. 

Ia mengungkap, terdapat delapan stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta yang melayani pembatalan tiket KA Jarak Jauh. Masing-masing stasiun memiliki tiga loket untuk melayani pembatalan tiket. Bahkan, guna menghindari antrean, khusus di Stasiun Gambir dan Pasar Senen, ditambah menjadi lima loket layanan pembatalan tiket.

Berikut jadwal operasional pelayanan loket pembatalan tiket di stasiun yang buka setiap hari (Senin-Minggu): 

1. Stasiun Gambir: Pukul 07.00 - 22.00 WIB 
2. Stasiun Pasar Senen: Pukul 07.00 - 22.00 WIB
3. Stasiun Jakarta Kota: Pukul 07.00 - 19.00 WIB
4. Stasiun Bogor: Pukul 09.00 - 16.00 WIB
5. Stasiun Cikampek: Pukul 07.00 - 22.00
6. Stasiun Rangkasbitung: Pukul 09.00 - 16.00 WIB
7. Stasiun Serang: Pukul 09.00 - 19.00 WIB
8. Stasiun Bekasi : Pukul 07.00 - 22.00 WIB.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X