Jokowi dan Keluarga Ikuti Tradisi Brobosan Sebelum Jenazah Ibunda Dimakamkan

- Kamis, 26 Maret 2020 | 13:13 WIB
Presiden Joko Widodo di rumah duka (ANTARA/Maulana Surya)
Presiden Joko Widodo di rumah duka (ANTARA/Maulana Surya)

Jenazah ibunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Notomihardjo sudah selesai disalatkan. Sebelum dimakamkan, Presiden Jokowi dan keluarga akan melakukan proses adat Jawa yakni Brobosan.

Tradisi Jawa bernama Brobosan ini akan dilakukan oleh anak dan cucu dari almarhumah. Tujuannya tradisi tersebut yaitu agar nilai-nilai luhur yang selama ini diajarkan almarhumah dapat menurun ke anak dan cucu dari almarhumah.

Cara melakukan tradisi ini dengan cara peti jenazah akan diangkat tinggi-tinggi. Kemudian anak dan cucu dari almarhumah akan mengitari kolong bawah peti jenazah itu secara beberapa kali sebelum akhirnya peti jenazah itu dibawa untuk dimakamkan.

Di lokasi sendiri, terlihat Presiden Jokowi beserta anak-anaknya mengikuti proses tradisi itu. Mereka terlihat berputar-putar di bawah peti jenazah sang ibunda Jokowi itu sebanyak tiga kali.

Peti jenazah itu diangkat oleh orang-orang yang menggunakan seragam berwarna merah. Seusai prosesi itu, peti jenazah itu kemudian dibawa masuk ke dalam mobil ambulans.

Rombongan kemudian bergerak dari rumah duka menuju lokasi pemakaman yakni di pemakaman keluarga Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah. Rencananya proses pemakaman akan berlangsung sekitar pukul 13.00 WIB.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X