Begini Cara Mencuci Jeans yang Benar Agar Warnanya Nggak Pudar

- Kamis, 17 Oktober 2019 | 13:58 WIB
Unsplash
Unsplash

Karena sering dipakai untuk sehari-hari, celana jeans sangat mudah kotor. Kebanyakan orang akan mencuci celana jeans-nya dengan menggunakan mesin cuci karena bahannya yang berat membuat orang 'malas' untuk mencucinya dengan tangan.

Nah, berbicara soal mencuci celana jeans, kamu perlu memperhatikan bagaimana cara mencuci celana jeans yang benar supaya warna celanamu bisa bertahan lama.

Selain itu, celana jeans juga sebenarnya tidak disarankan dicuci terlalu sering. Lalu, bagaimana cara mencuci celana jeans yang benar?

Kamu harus memeriksa suhu air yang dianjurkan di label yang tertera di celana jeansmu terlebih dahulu. Suhu air yang terlalu tinggi bisa membuat warna asli jeans-mu pudar.

Jika kamu tidak menemukan keterangan di label perawatan yang terdapat pada jeansmu, gunakan air dingin untuk mencucinya.

Langkah kedua adalah hal terbilang mudah. Kamu hanya perlu membalik bagian dalam celana jeansmu. Cara ini dipercaya bisa mencegah pemudaran warna jeans. Kalau kamu mencuci celana jeansmu dengan tangan, jangan menggosoknya terlalu kuat agar jeansmu tidak cepat rapuh.

Saat mencuci celana jeans, kamu juga perlu memilih detergen yang cocok. Kamu sebaiknya menggunakan detergen bubuk yang lembut dan mengandung pencerah warna.

Untuk jeans berwarna hitam, saat akan mencucinya dengan mesin cuci, tambahkan air dingin yang sudah dicampur cuka agar warnanya jeans tidak memudar. Merendam celana jeans dengan air dingin bercampur cuka juga bisa mengangkat kotoran yang terdapat di jeansmu.

Soal baunya, jangan khawatir. Bau cuka tersebut nantinya bakal menghilang dengan sendirinya jika jeans sudah kering.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X