Punya Banyak Kesamaan Budaya, Pemkot Denpasar Jajaki Kerja Sama dengan Pemerintah India

- Kamis, 2 Maret 2023 | 23:09 WIB
Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara bersama Konsul Jenderal India di Bali  Neeharika Singh. (Pemkot Denpasar)
Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara bersama Konsul Jenderal India di Bali Neeharika Singh. (Pemkot Denpasar)

Pemerintah Kota Denpasar, Bali, menjajaki peluang kerja sama dan kolaborasi berbagai bidang dengan Pemerintah India karena dilatarbelakangi kemiripan budaya dan mayoritas penduduk beragama Hindu.

Seperti dilansir ANTARA, Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara di Denpasar, pada Rabu (1/3/2023) menyambut baik kedatangan Konsul Jenderal India di Bali Neeharika Singh dan berharap agar ke depannya realisasi kerja sama kedua pihak dapat terlaksana.

"Kami menyambut baik kunjungan Mrs Neeharika Singh sebagai sebuah awal yang baik dalam konteks kerja sama dan kolaborasi antara Pemkot Denpasar dengan Pemerintah India," ujarnya.

Ia menambahkan, semangat Vasudhaiva Kutumbhakam yang menjadi visi Pemkot Denpasar diadopsi dari Bahasa Sansekerta. Ini sangat mengilhami pemerintah setempat dengan tangan terbuka untuk berkolaborasi dengan Pemerintah India.

"Kami memiliki rencana pembangunan inkubator bisnis di Denpasar, yakni salah satunya area pelaku IKM di area Pasar Kumbasari. Kami akan berikan ruang kolaborasi dengan Pemerintah India ini, salah satunya dengan memberikan ruang untuk seniman membubuhkan karya Mithila/ Madhubani painting di sana," ujarnya

BACA JUGA: Ajari Siswa Bersikap Jujur, Denpasar Luncurkan Gen Dental untuk Pembayaran di Sekolah

Pertemuan itu juga membahas soal rencana penjajakan kerja sama kedua pihak di berbagai sektor seperti pada sektor ekonomi perdagangan, pendidikan, infrastruktur serta bidang lainnya.

Konjen India di Bali Neeharika Singh dalam kesempatan tersebut mengucapkan selamat atas perayaan HUT ke-235 Kota Denpasar pada 27 Februari lalu.

Dia menilai, sebagai sebuah Ibu Kota Provinsi Bali, Kota Denpasar telah banyak memberikan kenyamanan bagi warga masyarakat untuk ditinggali.

"Beberapa waktu lalu, saya sempat bertemu dengan komunitas India yang tinggal di Denpasar. Mewakili para warga India yang tinggal di Denpasar saya berterima kasih atas segala kenyamanan yang telah diberikan oleh jajaran Pemkot Denpasar," katanya.

BACA JUGA: Detik-Detik Jembatan di Nusa Penida Bali Ambruk, Puluhan Wisman Jatuh ke Laut

Neeharika Singh juga mengapresiasi kultur sosial budaya yang ada di Kota Denpasar. Untuk itu, dia mengharapkan ke depannya pihak Pemerintah India dapat berkolaborasi dengan Pemkot Denpasar, terutama dalam bidang sosial dan budaya.

"Salah satunya adalah dengan memperkenalkan karya seni Madhubani. Kami memiliki karya seni Madhubani atau Mithila. Karya ini adalah lukisan yang berasal dari wilayah Madhubani di Bihar dan merupakan salah satu gaya lukisan rakyat paling populer di India," ujarnya.

Keindahan Madhubani terletak pada penggambaran budaya dan tradisinya yang sederhana dan emosional. Pihaknya berharap karya ini nantinya dapat dikenalkan dan ditampilkan di Kota Denpasar.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X