The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Penuhi Kriteria OJK dan BSSN, Bank DKI Terima Sertifikasi Keamanan Informasi Nasabah
Bank DKI dapat Sertifikasi ISO 27001:2013. (Dok. Pemprov DKI)
News

Penuhi Kriteria OJK dan BSSN, Bank DKI Terima Sertifikasi Keamanan Informasi Nasabah

Rabu, 31 Agustus 2022 21:46 WIB 31 Agustus 2022, 21:46 WIB

INDOZONE.ID - Pemprov DKI Jakarta melalui BUMD Bank DKI menerima Sertifikasi ISO 27001:2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi pada Penyediaan Layanan Super Apps JakOne Mobile dari TUV Rheinland Indonesia sebagai peningkatan kualitas keamanan informasi.

Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono mengatakan, melalui sertifikasi ini, Bank DKI telah meletakkan komitmen penting pemenuhan regulasi seperti Peraturan Bank Indonesia (PBI), Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK),

Kemudian, Peraturan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), mengingat bank sebagai industri strategis yang harus melindungi data dan layanan nasabah terutama dalam penerapan Cyber Security.

"ISO 27001 membantu Bank DKI dalam mengelola dan melakukan mitigasi risiko atau ancaman keamanan, yang diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan nasabah,” ucapnya, Rabu (31/8/2022).

Baca Juga: Yuk Segera Ganti Kartu Transjakarta Gratis Berbasis JakCard, Ini Caranya

“Dan mitra kerja untuk menggunakan produk dan layanan Bank DKI, khususnya pada produk perbankan digital seperti aplikasi JakOne Mobile," tambah Amirul.

Dalam proses meraih ISO 27001, Bank DKI mengawali dengan penetapan ruang lingkup terutama layanan digital JakOne Mobile dan data penting bagi bisnis Bank DKI yang harus dilindungi.

Selanjutnya, dilakukan gap analysis untuk mendapatkan gambaran/potret kondisi keamanan informasi di Bank DKI dan melakukan perbandingan sesuai ketentuan standar ISO meliputi aspek people, process & technology.

Kemudian, Bank DKI akan melakukan pemenuhan gap dan audit internal, untuk kemudian melakukan audit sertifikasi bersama pihak TUV Rheinald sebagai lembaga yang sudah terakreditasi sesuai persyaratan regulator.

"Sejak dikembangkan dan diluncurkan pada tahun 2017, kami ingin JakOne mobile tidak hanya mampu menjawab kebutuhan transaksi perbankan digital nasabah, namun juga mampu bersaing sebagai aplikasi mobile banking yang unggul dengan keandalan, kenyamanan dan keamanan yang terus ditingkatkan," tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US