Guru SMK di Cirebon Dipecat usai Berkomentar 'Maneh' di Instagram Ridwan Kamil

- Rabu, 15 Maret 2023 | 18:13 WIB
Guru SMK Telkom Sekar Kemuning, Kota Cirebon, Muhammad Sabil Fadhilah menunjukkan surat pemecatannya di Cirebon, Jawa Barat, Rabu (15/3/2023). (ANTARA/Khaerul Izan)
Guru SMK Telkom Sekar Kemuning, Kota Cirebon, Muhammad Sabil Fadhilah menunjukkan surat pemecatannya di Cirebon, Jawa Barat, Rabu (15/3/2023). (ANTARA/Khaerul Izan)

Nasib apes menimpa seorang guru yang mengajar di SMK Telkom Sekar Kemuning Kota Cirebon, Jawa Barat.

Dia diberhentikan oleh pihak yayasan yang menaunginya setelah mengomentrai salah satu unggahan Instagram Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Saat itu, guru SMK yang diketahui bernama Muhammad Sabil tersebut memberi kritikan dengan bahasa yang dianggap kurang sopan. Sabil menggunakan kata "maneh" kepada sang gubernur.

Baca juga: Tak Setuju Tahapan Pemilu 2024 Ditunda, Ridwan Kamil: Mahal Harganya!

"Dalam zoom ini, maneh teh keur jadi gubernur jabar ato kader partai ato pribadi @ridwankamil???" (Dalam zoom ini, kamu lagi jadi gubernur jabar atau kader partai atau pribadi)" tanyanya.

Sabil mengakui sendiri bahwa penggunaan kata Maneh memang kurang sopan.

Tapi karena dia berpendapat bahwa Ridwan Kamil merupakan orang yang humble apalagi setiap tampil di televisi maupun medsos sering menganggap kalau perkataan warganet itu biasa saja, dia jadi enggak ragu mengggunakan kata "maneh".

Baca juga: Siswa SMP yang Viral karena Patungan Beli Sepatu untuk Temannya Dihadiahi Rp25 Juta

"Saya tahu saya salah menggunakan kata 'maneh', karena di dalam bahasa Sunda ada tingkatannya dan kata 'maneh' menempati urutan kedua. Karena yang saya tahu Ridwan Kamil mudah akrab, apalagi ketika tampil di televisi," ujarnya.

Sabil juga menjelaskan maksud komentarnya tersebut. Dia hanya mempertanyakan mengapa Ridwan Kamil menggunakan jas partai saat sedang berinteraksi dengan para siswa.

"Ketika berhadapan dengan dunia pendidikan sepemahaman saya tidak ada politik praktis di lingkungan sekolah. Dan Ridwan Kamil saat itu mengenakan jas kuning," katanya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X