Yusril Prediksi Koalisi di Pilpres 2024 Baru Akan Terbentuk Usai Megawati Umumkan Capres

- Selasa, 14 Maret 2023 | 08:26 WIB
Yusril Ihza Mahendra. (Instagram/@yusrilihzamhd)
Yusril Ihza Mahendra. (Instagram/@yusrilihzamhd)

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengatakan, semua partai politik (parpol) masih menunggu keputusan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri soal calon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2024. 

"Kita dengan sabar menanti, seperti apa keputusan yang akan beliau (Megawati) ambil," kata Yusril usai bertemu dengan jajaran DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Jakarta, Senin (13/3/2023). 

Baca Juga: PBB Kunjungi Markas PPP Siang Ini, Jajaki Koalisi untuk 2024?

Yusril menyebut, koalisi yang terbentuk saat ini masih cair dan masih dalam tahap penjajakan. Begitu pun sejumlah nama yang disebut-sebut bakal maju di Pilpres 2024.

Adapun tokoh-tokoh  tersebut yakni, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dari empat koalisi parpol yang sudah terbentuk, hanya Koalisi Perubahan, yang sudah mengusung Anies Baswedan. 

Kendati demikian, koalisi yang dibentuk Partai NasDem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini belum mengantongi nama cawapres.

"Calon-calonnya sudah ada. Sebut nama Pak Ganjar, Pak Anies, Pak Prabowo. Tapi memutuskan paslon, sampai sekarang belum satupun partai yang berani. Kayaknya masih menunggu apa arah PIDP," tutur Yusril. 

Baca Juga: Soal Usulan Gerindra untuk Duetkan Prabowo-Ganjar di Pilpres 2024, Hasto: Capres dari PDIP

Yusril menilai, jika PDIP sudah menetapkan dan mengumumkan pasangan capres dan cawapres maka secara otomatis semua parpol dan koalisi mengikuti.

"Saya kira kalau PDIP sudah memutuskan sikap, otomatis akan terbentuk, ada berapa koalisi dalam pencalonan presiden. Sebab segala sesuatunya tergantung kepada PDIP dan PDIP tergantung ke Bu Mega sebenarnya," pungkasnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X