Simak! Ini Syarat dan Kewajiban jika Ingin Salat Idul Adha di JIS

- Sabtu, 9 Juli 2022 | 16:33 WIB
Foto udara umat Islam melaksanakan Salat Idul Fitri 1443 H di kawasan Jakarta International Stadium (JIS). (ANTARA/Aprillio Akbar)
Foto udara umat Islam melaksanakan Salat Idul Fitri 1443 H di kawasan Jakarta International Stadium (JIS). (ANTARA/Aprillio Akbar)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar salat Idul Adha 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, pada Minggu (10/7/2022). Selama pelaksanaanya, terdapat sejumlah aturan yang diterapkan.

Melalui unggahan akun Instagram @dkijakarta, masyarakat yang ingin menunaikan ibadah di JIS tidak boleh membawa air minum dalam kemasan sekali pakai, membawa senjata tajam, dan obat-obatan terlarang.

Kemudian, membuang sampah sembarangan, membawa hewan peliharaan, merokok dalam stadion, menerbangkan drone saat acara, serta menyuarakan ujaran kebencian, rasisme, dan vandalisme.

Sementara itu, yang harus dilakukan masyarakat ketika mengikuti Salat Idul Adha adalah wajib memakai masker dan vaksinasi Covid-19 lengkap atau booster, pastikan tubuh dalam keadaan sehat, serta tidak bergejala sakit.

Selain itu, warga juga diminta menjaga kebersihan toilet, menggunakan alas kaki yang nyaman, membawa tumbler isi air minum sendiri, membawa alat ibadah sendiri, membawa sendiri tas ramah lingkungan, serta berpakaian rapi dan sopan.

Baca Juga: Transjakarta Sediakan 25 Bus Gratis untuk Antar Warga Salat Idul Adha di JIS

“Yuk, bersama jaga diri dan orang sekitar dengan mematuhi aturan tersebut,” tulis akun Pemprov DKI Jakarta, Sabtu (9/7/2022).

Diberitakan sebelumnya, pelaksanaan salat Idul Adha nantinya akan dilakukan di Ramp Barat, Ramp Timur, concourse Utara dan Selatan JIS.

Kendati demikian, Pemprov DKI juga telah menyiapkan alternatif tempat salat Idul Adha di salah satu lokasi yang ada di JIS jika terjadi hujan.

Selain itu, direncanakan yang menjadi Khatib adalah Prof. K. H. Syukron Mam'un, serta Imam salat Id adalah K.H.Muhammad Ali.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X