PKS Kritik Keras Mendag Zulhas yang Bagikan Migor Sambil Kampanye

- Kamis, 14 Juli 2022 | 11:55 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)

Wakil Ketua Fraksi PKS di DPR RI Mulyanto menyayangkan aksi Ketua Umum PAN yang juga Menteri Perdagangan (Mendag)  Zulkifli Hasan (Zulhas). Di mana Zulhas membagikan minyak goreng ke warga sambil mengkampanyekan putrinya.

Menurut Mulyanto, hal tersebut dianggap tidak etis dan berpotensi menyalahgunakan jabatannya sebagai Menteri. Bahkan dia bilang akan menurunkan dukungan publik kepada pemerintah.

"Ini contoh yang tidak baik bagi publik dalam kerangka good governance. Dukungan publik kepada pemerintah akan lemah kalau ini terus dilakukan,” kata Mulyanto dikutip Kamis (14/7/2022).

Disebutkan Mulyanto, sejatinya sebagai Mendag, Zulhas harus lebih bijaksana ihwal sosialisasi minyak goreng yakni minyakita. Jangan malah program itu disalahgunakan demi kepentingan politik pribadi.

“Mendag sebagai pejabat publik harus lebih bijaksana terkait dengan sosialisasi migor minyakita. Jangan menggunakan program tersebut untuk kepentingan politik pribadi atau keluarga," tegas Mulyanto.

Mulyanto minta Mendag tidak mencampuradukan urusan pengelolaan negara dengan urusan politik pribadi atau keluarga. Jangan sampai program migor minyakita ini menuai pesimisme publik.

Baca Juga: Jokowi Tegur Zulhas Minta Fokus Bekerja Turunkan Harga Minyak Goreng, Ini Penyebabnya

"Kita tidak menginginkan hal itu," tegasnya. 

Tak hanya itu Mulyanto menambahkan sebaiknya Mendag fokus mendistribusikan Minyakita ke daerah remote khususnya Wilayah Indonesia Timur, yang selama ini tidak terjangkau migor curah. Sehingga di daerah tersebut benar-benar harga migor bisa mencapai HET.

"Keunggulan migor minyakita, yang terkemas secara sederhana tersebut, adalah dapat disimpan lebih lama dan dengan jangkauan distribusi yang luas. Mendag jangan mendistribusikannya di wilayah yang justru mudah terjangkau migor curah biasa.  Ini kan tidak konsisten," tutupnya.

Diketahui video yang menampilkan Zulkifli sedang membagikan minyak goreng merek 'Minyakita’ viral dan menjadi sorotan. Hal tersebut karena dia meminta putrinya yakni Futri dipilih di pilkada mendatang.

Kala itu Zulkifli menyampaikan sambutan di hadapan ibu-ibu yang hadir. Ia juga terlihat sempat berinteraksi dengan ibu-ibu dan menanyakan program minyak goreng murah di eranya sebagai Mendag, Minyakita.

“Ibu-ibu di sini katanya ada Minyakita, murah ya? Disuruh beli berapa? Tapi nanti milih Futri ya, oke? Kalau milih Futri, ntar dua bulan ada deh ginian," jelas Zulkifli..

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X