Pesan Presiden Jokowi ke KSAL Muhammad Ali: Jaga Kedaulatan Laut dan Daerah Perbatasan!

- Rabu, 28 Desember 2022 | 11:53 WIB
 Presiden Joko Widodo (kanan) dan Kepala Staff TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)
Presiden Joko Widodo (kanan) dan Kepala Staff TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sejumlah tugas yang harus dijalankan Laksamana TNI Muhammad Ali sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL). Ia meminta Laksamana TNI Muhammad Ali untuk menjaga kedaulatan Indonesia di wilayah perairan dan mengamankan daerah perbatasan di pulau terluar. 

“Kita tahu 2/3 Indonesia ini adalah air, adalah laut. Konsentrasi untuk kedaulatan negara utamanya di laut, itu adalah tanggung jawab besar dari KSAL baru Muhammad Ali, utamanya juga yg berkaitan dengan pulau terluar, perbatasan,” kata Presiden Jokowi usai melantik Ali di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/12/2022).

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmi Lantik Laksamana Madya Muhammad Ali sebagai KSAL

Kemudian,Presiden mengungkapkan alasannya memilih Ali sebagai KSAL. Menurutnya, karir militer Ali tergolong mumpuni dan memiliki jiwa kepemimpinan yang baik. 

“Selalu saya melihat rekam jejak, beliau ini kan pernah di Gubernur Akademi AL, pernah di Pangkoarmada, pernah di Pangkogabwilhan. Pengalaman rekam jejak menjadi selalu saya lihat dan beliah memiliki leadership yg baik,” tutur Jokowi. 

Baca Juga: Besok Presiden Jokowi Lantik KSAL Pengganti Yudo Margono, Siapa Sosoknya?

Lebih lanjut, kepala negara mengatakan, modernisasi alat utama sistem pertahanan (Alutsista) di matra laut harus terus diperkuat.

“Termasuk juga modernisasi alutsista kita yang berkaitan dengan laut. Harus terus di perkuat,” ujar Presiden Jokowi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X