Menko PMK Pastikan Terminal Kampung Rambutan Siap Layani Pemudik 

- Minggu, 9 April 2023 | 22:05 WIB
Menko PMK Pastikan Terminal Kampung Rambutan Siap Layani Pemudik. (Indozone/Asep Bidin Rosidin)
Menko PMK Pastikan Terminal Kampung Rambutan Siap Layani Pemudik. (Indozone/Asep Bidin Rosidin)

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memastikan, semua pihak di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, telah siap menghadapi musim mudik 2023.

"Kami melihat di Kampung Rambutan, yang kita cek secara umum, sudah sangat siap. mulai dari para sopir, petugas tiketing," kata Muhadjir kepada wartawan di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu (9/4/2023).

Lebih lanjut Muhadjir menyampaikan, sudah ada kenaikan jumlah pemudik sebanyak 30 persen. Mayoritas pemudik menuju kota-kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Baca juga: Antisipasi Pencurian di Rumah Kosong, Pemudik Diimbau Titip Barang ke Kantor Polisi

"Tadi dapat info untuk wilayah ke Jateng, Jatim, sudah ada kenaikan 30 persen. untuk wilayah Jabar, masih belum," ungkapnya. 

Muhadjir juga turut mengecek kelaikan armada bus yang akan mengantarkan pemudik kembali ke kampung halaman. Pengecekan dilakukan mulai dari SIM bagi sopir hingga pembungan gas emisi.

-
Ilustrasi arus mudik. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

"Kami cek penggunaan alat uji emisi gas buang untuk bus yang nanti akan berangkat, juga sudah disiapkan oleh dinas perhubungan DKI,” tutur Muhadjir. 

Baca juga: Pantau Jalur Mudik Gumitir, Puluhan 'Awe-Awe' Dapat Pelatihan Atur Lalu Lintas 

“Tentu saja dukungan dari pak gubernur, dan tadi sudah kami cek, alatnya juga masih bagus untuk pengujian. dan bus yang akan berangkat juga dalam kondisi bagus," imbuhnya. 

Muhadjir mengungkapkan, hasil uji untuk armada produksi tahun 2010 masih jauh dari batas maksimum emisi. Dia menyebut, hasil uji emisi masih di angka 27 dari batal masimal 50. 

"Mudah-mudahan bus lain yang akan berangkat juga sama, mulai dari persyaratan kelayakan pengendara atau sopir, surat-surat, KIR terutama, tentang kondisi rem, mesin, dan seterusnya. Kemudian yang tak kalah penting emisi gas buangnya harus memenuhi standar," tandasnya.

Dengan adanya pengecekan ini, Muhadjir berharap pemudik dapat kembali ke kampung halamannya dengan selamat. 

"Mudah-mudahan dari uji petik ini semua menggambarkan seluruh kendaraan yang akan berangkat dari Kampung Rambutan dan beberapa pangkalan di DKI ini memenuhi syarat," pungkas Muhadjir.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X