The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Profil Patra Niaga Anak Perusahaan Pertamina Diusut Bareskrim Polri, Kasus Jual Beli BBM
PT Pertamina Patra Niaga. (Foto/Pertaminapatraniaga.com)
News

Profil Patra Niaga Anak Perusahaan Pertamina Diusut Bareskrim Polri, Kasus Jual Beli BBM

Kasus korupsi jual beli BBM dinilai rugikan negara 451,6 miliar

Senin, 22 Agustus 2022 20:10 WIB 22 Agustus 2022, 20:10 WIB

INDOZONE.ID - PT Pertamina Patra Niaga (PT PPN) menjadi sorotan publik usai kerjasama perjanjian jual beli Bahan Bakar Minyak (BBM) non tunai dengan PT Asmin Koalindo Tuhup (PT AKT) diusut Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri.

Pada 2009-2012 PPN dan AKP melakukan perjanjian jual beli BBM non tunai dinilai merugikan negara sebesar Rp 451,6 miliar. Kok bisa?

Jadi perjanjian yang ditandatangani oleh Direktur Pemasaran PT PPN dengan Direktur PT AKT. Pelaksanaan kontrak yakni tahun 2009 sampai dengan 2010 dengan volume 1.500 KL perbulan.

Kemudian tahun 2010 sampai dengan 2011 PT PPN menambah volume pengiriman menjadi 6.000 KL perbulan (Addendum I).

Selanjutnya tahun 2011 sampai 2012 PT PPN menaikkan volume menjadi  7.500 KL perpemesanan (Addendum II).

Baca juga: Rugikan Rp 451,6 M, Kasus Jual Beli BBM Non Tunai Pertamina Patra Niaga Naik Penyidikan

Berdasarkan hasil penyelidikan tersebut, terdapat indikasi kerugian negara yang dihitung berdasarkan jumlah BBM yang dikeluarkan oleh PT PPN kepada PT AKT sesuai dengan kontrak dan Addendum I, II yang belum dilakukan pembayaran, sehingga menjadi kerugian negara sebesar Rp 451,6 miliar.

Lalu bagaimana profil dari PT Pertamina Patra Niaga ini? Berikut latar belakang berdirinya Patra Niaga seperti yang dikutip dari website resminya, pertaminapatraniaga.com:

PT Patra Niaga diluncurkan pada tahun 2004, sebagai entitas yang fokus pada bisnis hilir minyak dan gas, setelah sebelumnya terdaftar sebagai PT Elnusa Harapan di tahun 1997.

Pada tahun 2011, PT Pertamina (Persero) mulai menyelaraskan semua logo anak perusahaannya melalui Direktorat Pemasaran dan Perdagangan Pertamina.

Direktorat mulai mengganti nama masing-masing logo anak perusahaan termasuk logo PT Patra Niaga dan mengubah nama perusahaan menjadi PT Pertamina Patra Niaga.

Sementara itu, nama perusahaan baru, Pertamina Patra Niaga, adalah kombinasi antara Pertamina dan Patra Niaga yang mewakili dua prioritas yang selalu dituntut oleh mitra bisnis Patra Niaga.

Patra Niaga dituntut untuk memiliki layanan yang lebih fleksibel dan lebih baik, di atas harga yang lebih kompetitif ditawarkan untuk mencerminkan ekuitas merek Patra Niaga.

Logo baru yang disesuaikan dengan logo Pertamina dinilai dapat membantu memperkuat kepercayaan konsumen dan mitra bisnis.

Pada tanggal 13 Juni 2020, PT Pertamina Patra Niaga telah ditunjuk sebagai Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) secara virtual, dan resmi legal end-state di tanggal 1 September 2021.

Disamping mengelola bisnis dan operasional eksisting Pertamina Patra Niaga berupa perdagangan dan penanganan bahan bakar, serta manajemen armada dan depot, kini Sub Holding Commercial & Trading bertugas menjalankan rantai kegiatan bisnis hilir Pertamina.

Pertamina telah memiliki infrastruktur yang memadai untuk mendukung pendistribusian dan pemasaran produk energi yang dihasilkannya, termasuk produk Bahan Bakar Minyak (BBM), pelumas, dan LPG serta aspal dan produk petrokimia.

Di samping itu Pertamina Patra Niaga juga melayani memenuhi kebutuhan konsumen ritel maupun korporat baik dalam negeri maupun di luar negeri.

Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading, kini membawahi entitas anak dan cucu perusahaan Pertamina lainnya, yaitu PT Pertamina Lubricants, PT Pertamina Retail, Pertamina International Marketing & Distribution Pte Ltd, PT Patra Trading, PT Patra Badak Arun Solusi, PT Patra Logistik, PT Pertamina Petrochemical Trading, Pertamina Internationa Timor SA, dan PT Patra SK.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US