Pakai Bahasa Persia, Trump Dukung Warga Iran yang Berdemo
Presiden AS, Donald Trump (REUTERS/Jonathan Ernst)
News

Pakai Bahasa Persia, Trump Dukung Warga Iran yang Berdemo

Minggu, 12 Januari 2020 13:19 WIB 12 Januari 2020, 13:19 WIB

INDOZONE.ID - Melihat ada kelompok warga Iran yang berbalik menyerang pemerintahan Iran usai pengakuan tidak sengaja menembak pesawat komersial Ukraina, Presiden AS Donald Trump memberikan dukungannya.

Lewat cuitannya di Twitter dan unggahan di Instagram, Donald Trump bahkan menuliskan kalimat dalam aksara Persia. Dia menyatakan mendukung penuh demonstrasi rakyat Iran yang memprotes pemimpin Iran, Ayatollah Khamenei.

"Kepada orang-orang Iran yang pemberani dan menderita : Saya telah mendukung Anda sejak awal kepresidenan saya dan pemerintah saya akan terus mendukung Anda. Kami mengikuti protes Anda dengan cermat. Keberanianmu menginspirasi," cuit Trump.

Pengakuan Iran yang tidak sengaja menembak pesawat maskapai Ukraina Internationals Airlines memang berbuntut panjang. Warga Iran melakukan demonstrasi di jalanan Teheran, Iran.

Awalnya, peserta demo yang didominasi pelajar berkumpul di universitas Sharif dan Amir Kabir untuk memberi penghormatan terhadap 176 korban pesawat yang tewas.

Namun, menjelang malam hari aksi demonstrasi berubah menjadi ekspresi kemarahan. Mereka menuntut orang yang bertanggung jawab atas penembakan pesawat tersebut, dibawa ke pengadilan.

Mereka juga menuntut agar Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei mundur dari jabatannya. Melihat aksi demonstrasi yang tidak terkendali, polisi Iran membubarkan aksi tersebut.

Warga bersimpati atas meninggalnya korban pesawat Ukraina
Warga bersimpati atas meninggalnya korban pesawat Ukraina (Nazanin Tabatabaee/West Asia News Agency via REUTERS)

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU