Kisah Haru Seorang Nenek Jadi Ibu Tumpang Untuk Cucunya

- Sabtu, 13 April 2019 | 15:26 WIB

Kisah mengharukan seorang nenek bernama Emma asal Inggris yang rela menjadi ibu tumpang bagi cucunya karena putrinya terlahir tidak memiliki rahim.

Kisah ini bermula ketika anak perempuannya Tracey Smith khawatir kelak tidak bisa memiliki anak sendiri. Tracey didiagnosa menderita MRKH (Mayer-Rokitansky-Kuster-Hauser Syndrome), yaitu suatu kondisi genetik yang menyebabkan vagina dan rahim terbelakang atau tidak ada. Kondisi itu dipastikan Tracey tidak akan bisa memiliki anak.

“Saya sedih ketika mendengar diagnosis bahwa saya tidak akan bisa hamil. Saya selalu ingin menjadi seorang ibu, bahkan pada umur 15,” kata Tracey, dilansir dari Metro.

Karena kondisi itu, Emma mengatakan kepada putrinya itu bahwa dia siap melakukan apa saja demi membantu Tracey. Dia menawarkan diri untuk menjadi ibu pengganti baginya cucunya.

“Segera setelah diagnosis itu, ibu saya menawarkan diri untuk melakukan apa yang dia bisa untuk membantu. Saya tahu bahwa dia bermaksud suatu hari akan menggendong cucunya untuk saya.” ungkap dia.

Tentu saja usai Emma yang sebenarnya tak memungkin lagi untuk hamil, dia perlu menjalani beberapa tes. Emma harus meminum tablet hormon secara rutin untuk mempersiapkan tubuhnya menghadapi kehamilan.

Kemudian dokter mengambil sel telur dari Tracey dan membuahinya dengan sperma Adam di laboratorium. Lalu Embrio itu ditanamkan ke dalam rahim Emma dan berhasil.

Sampai pada akhirnya, wanita berusia 55 tahun itu bisa mengandung anak dari Tracey. Kini Emma pun dikabarkan telah melahirkan cucunya sendiri melalui operasi caesar. Namun, karena konsep ibu pengganti masih dilarang di Inggris, Tracey dan suaminya secara administrasi harus mengadopsi anaknya itu.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X