Kawasan Industri Kreatif Digital di Batam Bakal Dikembangkan Singapura

- Rabu, 9 Oktober 2019 | 11:29 WIB
Rencana pengembangan Singapura Sepakat Terus Kembangkan Kawasan Industri Kreatif Digital di Batam (Nongsa Digital Park)
Rencana pengembangan Singapura Sepakat Terus Kembangkan Kawasan Industri Kreatif Digital di Batam (Nongsa Digital Park)

Pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong pada acara Annual Leaders Meeting di Delegation Room, The Istana, Singapura, Selasa (8/10), menghasilkan beberapa kesepakatan terutama di bidang ekonomi.

Pemerintah Indonesia dan Singapura sepakat untuk menindaklanjuti kerja sama terkait pengembangan Nongsa Digital Park di Batam, Kepualauan Riau. 

Nongsa Digital Park (NDP) di Batam ini, yang diresmikan pada 2018 lalu, bakal jadi kawasan  basis bagi pelaku industri kreatif di bidang digital seperti pengembangan startup, web, aplikasi, program-program digital, film, dan animasi.

Data Kemenperin, per Agustus 2019, jumlah tenant dan startup di NDP telah mencapai 50 perusahaan, termasuk startup dari Singapura, yaitu Glints (Start-up talent recruitment) dan LiquidPay (Fintech).

"Proyek tersebut dikoordinasikan oleh PT Kinema Systrans Multimedia yang bekerja sama dengan Infinite Studios," ujar Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Ia menegaskan, beberapa kerja sama yang disepakati antara kedua pemimpin di bidang ekonomi, adalah peningkatan investasi, perdagangan, ekonomi digital dan pendidikan vokasi. 

"Ini menjadi kelanjutan dari kesepakatan Leaders Retreat tahun lalu. Selain itu, kami juga sedang mengusulkan pembentukan KEK Digital Nongsa," kata Airlangga.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X