Modal Asing Masuk ke Indonesia Capai Rp220,9 Triliun
Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo (Antara/Muhammad Adimaja).
News

Modal Asing Masuk ke Indonesia Capai Rp220,9 Triliun

Sabtu, 23 November 2019 07:01 WIB 23 November 2019, 07:01 WIB

INDOZONE.ID - Aliran modal asing yang masuk ke Indonesia hingga 21 November 2019 mencapai Rp220,9 triliun. Uang asing tersebut masuk melalui pasar modal atau Capital Market, Surat Utang Negara (SUN), dan obligasi korporasi. 

Hal itu disampaikan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, di Jakarta, Jumat (22/11). Menurut Perry, uang asing yang masuk itu terdiri dari Rp174,5 triliun masuk ke SBN, Rp45,3 triliun ke pasar modal, dan Rp1,6 triliun ke obligasi korporasi. 

"Ini jauh lebih besar dibanding aliran modal asing tahun yang tahun lalu (masuk)," kata Perry. 

Perry juga mengatakan, dalam seminggu terakhir terjadi arus uang keluar sekitar Rp2 triliun yang terdiri dari, uang keluar melalui SBN sekitar Rp1 triliun, dari capital market senilai Rp0.4 triliun dan dari obligasi korporasi Rp0,5 triliun. 

"Dalam jangka pendek memang yang akan menentukan (besaran) investasi yang masuk Indonesia itu ada dua hal. Pertama, mereka menghitung sudah dapat keuntungan apa tidak dan yang kedua tentu dipengaruhi oleh faktor-faktor yang terjadi di global," kata dia.  

Sementara itu, faktor global yang mempengaruhi kondisi perekonomian Indonesia yaitu masih seputar perundingan perdagangan antara Amerika Serikat (AS) dan China. Terlebih iklim politik di AS sendiri sedang tidak baik saat ini.  

"Dikarenakan di global sendiri Presiden Trump dan Xi Jinping yang semula diperkirakan akan ada kesepakatan mengenai perundingan perdagangan antara AS dengan China," tuturnya. 

"Akan tetapi, sampai sekarang masih belum ada tanda-tanda kesepakatan. Itu kenapa terjadi peningkatan resiko di global satu faktor yang membawa sejumlah investor jangka pendek," imbuhnya. 

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Ivanrida
Sigit Nugroho
Ivanrida

Ivanrida

Editor
Sigit Nugroho

Sigit Nugroho

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU