Begini Cara Kelola THR Biar Tak 'Kecolongan' Saat Lebaran

- Selasa, 28 Mei 2019 | 14:49 WIB
Ilustrasi/Unsplash
Ilustrasi/Unsplash

Lebaran sebentar lagi. Selain momen silaturahmi mengunjungi sanak-saudara, yang tak kalah ditunggu-tunggu adalah Tunjangan Hari Raya (THR). Banyak orang yang menggunakan THR untuk keperluan menjelang lebaran. Namun, tidak semua orang bisa mengelola THR dengan bijak. 

Saking borosnya, bisa-bisa uang tersebut habis sebelum hari raya tiba. Padahal, penting loh menghitung perkiraan jumlah THR yang didapat untuk menyusun anggaran. Untuk itu, berikut ini tips bijak memanfaatkan dan mengelola uang THR.

1. Buat Skala Prioritias Penggunaan Uang THR
Saat THR sudah turun, sebaiknya sisihkan terlebih dahulu minimal 10 persen dari penerimaan untuk menambah tabungan atau kebutuhan sesuai skala prioritas. Selanjutnya, bayarlah kewajiban seperti zakat, serta untuk orang-orang yang berhak menerimanya misalnya orangtua, pembantu, supir, dan pegawai.
-
(Source: Ilustrasi/Unsplash)
2. Segera Bayar Utang
Salah satu manfaat THR juga supaya bisa meringankan beban keuangan seperti utang dan tunggakan lainnya. Maka, langsung saja bayarkan utang agar tidak semakin menumpuk.
-
(Source: Ilustrasi/Unsplash)
3. Kebutuhan Jelang Lebaran
Prioritas tak kalah penting lainnya adalah kebutuhan menjelang dan saat lebaran seperti pakaian, makanan, dan minuman. Berbelanja juga mesti cerdas. Tulis dulu daftar barang apa saja yang harus dibeli dan fokuslah saat berbelanja agar tidak membuat tambahan kebutuhan lain yang tidak terlalu penting. Kalau ada promosi dan diskon, boleh juga dicoba supaya lebih hemat.
-
(Source: Ilustrasi/Unsplash)
4. Perhitungkan Biaya Mudik
Alangkah baiknya, pulanglah sebentar ke kampung halaman saat lebaran. Karenanya, lakukan perhitungan biaya transportasi, akomodasi, dan konsumsi selama perjalanan mudik nanti. Perencanaan yang baik dan dilakukan jauh-jauh hari sebelum lebaran, pasti akan menguntungkan.
-
(Source: Ilustrasi/Unsplash)

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X