Cek Fakta: Benarkah Ada Hewan Keluar dari Stroberi Usai Direndam Air Garam?

- Minggu, 21 Juni 2020 | 13:56 WIB
Kiri: Unggahan warganet soal buah stroberi. Kanan: Stroberi yang direndam air garam. (Facebook/Asmaul Fadillah)
Kiri: Unggahan warganet soal buah stroberi. Kanan: Stroberi yang direndam air garam. (Facebook/Asmaul Fadillah)

Beberapa waktu lalu, jagat media sosial dihebohkan dengan video yang memperlihatkan, serangga akan keluar dari stroberi yang direndam memakai air garam.

Video itu diunggah oleh seorang warganet bernama Asmaul Fadillah, di laman Facebook-nya pada Kamis (18/6/2020).

Dalam video itu, pria yang memakai kaca mata itu melakukan percobaan untuk membuktikan, apakah stroberi yang direndam air garam akan mengeluarkan hewan-hewan kecil.

"Beberapa waktu lalu media sosial dihebohkan stroberi yang dipenuhi oleh serangga kecil, anda tau kita kadangkala sudah mencuci kita makan stoberi ini enak sekali. Tapi kita mau coba lihat apakah benar setelah direndam di air garam sekitar 10 sampai 20 menit akan keluar binatang kecil-kecil," ungkap pria dalam video itu.

Dalam video itu, pria tersebut menaburkan 2 hingga 3 sendok garam ke dalam air dalam sebuah wadah. Setelah menaburkan garam, pria itu kemudian memasukkan stroberi itu ke dalam air garam.

"Ok terendam kita tunggu 10-15 menit, setelah saya merendam stroberi 15 menit dan airnya saya buang atasnya dan inilah yang sisa dari larutan air garam. What is that?. Oh bugs atau cacing banyak sekali ini cacing ooh. Ok," ucap pria dalam video itu.

Fakta kehadiran hewan dalam stroberi

-
Ilustrasi buah stroberi. (pexels/Kristina Paukshtite)

Lantas, apakah benar bahwa hewan yang keluar dari stroberi itu cacing?

Sebuah artikel berjudul "Fact check: Yes, little bugs may live in your strawberries and blueberries" yang dimuat situs nwfdailynews.com, pada 30 Mei 2020 menyatakan, makhluk kecil yang ada di dalam buah itu dikenal dengan nama spotted wing drosophilas atau drosophila sayap berbintik.

Hewan tersebut bertelur di dalam stroberi, dan kemudian menetas dan keluar setelah stroberi dicuci dalam larutan air garam hangat.

Selain itu, ada pula artikel "Fact check: Yes, little bugs may live in your strawberries and blueberries", yang dimuat dalam situs usatoday.com, pada 28 Mei 2020.

Dalam artikel itu dijelaskan, rekaman tentang stroberi yang mengeluarkan hewan kecil viral di media sosial, setelah banyak video beredar di TikTok.

Asisten profesor sekaligus entomologis yang ahli soal stroberi dan tanaman kecil dari University of Florida, Sriyanka Lahir mengatakan, spotted wing drosophilas paling tertarik dengan buah-buahan manis dan matang seperti stroberi dan blueberry.

Ia menambahkan, tak semua stroberi dan blueberry memiliki makhluk kecil itu. Spotted wing drosophilas betina akan bertelur di dalam buah yang sempurna, matang dan tidak rusak.

"Spesies ini mampu membuat sayatan yang sangat halus yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang dan bertelur di sana. Ketika buah dipetik, para pemetik bahkan tidak dapat mengidentifikasi bahwa ada telur serangga di dalamnya, letaknya jauh di dalam," ungkap Lahiri.

Halaman:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X