The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pemprov DKI Targetkan Sumur Resapan 300 Ribu untuk Atasi Banjir, Baru Dibangun 4.000
Suasana banjir yang menggenangi Jalan Dr Sutomo, Jakarta Pusat, Selasa (25/2/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)
News

Pemprov DKI Targetkan Sumur Resapan 300 Ribu untuk Atasi Banjir, Baru Dibangun 4.000

Tahun ini.

Kamis, 24 September 2020 09:53 WIB 24 September 2020, 09:53 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) melakukan upaya-upaya untuk menanggulangi masalah banjir. Di antaranya seperti pengerukan waduk dan sungai, memaksimalkan kerja pompa, serta membangun sumur resapan.

Kepala Dinas SDA Juaini menyebut pihaknya menargetkan untuk membuat sumur resapan sebanyak 300 ribu pada tahun ini yang akan tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta.

Kendati demikian, dari awal tahun hingga saat ini, Juaini mengungkapkan bahwa sumur resapan yang sudah terpasang oleh pihaknya hanya sekitar 4.000. Ia pun mencoba untuk tetap mengejar target yang masih banyak itu.

“Saat ini kita masih terus, dari awal tahun mungkin sudah ada sekitar 3.000 sampai 4.000 sih sudah terpasang. Kalau vendornya sudah nambah mungkin secara bertahap kita bisa uber yang sisanya itu,” ucap Juaini, Kamis (24/9/2020).

Untuk pembangunan sumur resapan sendiri, Juaini menjelaskan lokasi yang diprioritaskan adalah wilayah dengan tanah yang dimungkinkan tidak bisa dimasuki oleh air laut.

"Mungkin di (Jakarta) Utara enggak terlalu banyak, tetapi di Selatan dan Timur yang masih tanahnya masih bisalah, karena kalau di Utara baru kita gali 1 meter saja air sudah masuk, enggak mungkin kita bisa buat disitu,” terangnya.

Selain itu, hingga saat ini, pihaknya juga masih mencari titik-titik lokasi yang dianggap rawan terjadi genangan saat hujan deras, dan juga menambah sumur resapan di gedung-gedung pemerintahan daerah DKI.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Utami Evi Riyani
Sarah Hutagaol
JOIN US
JOIN US