Kemendikbud Fasilitasi 4 Siswa SMA Ikut Olimpiade Kimia Secara Online

- Kamis, 30 Juli 2020 | 17:47 WIB
Ilustrasi olimpiade kimia. (freepik/presfoto)
Ilustrasi olimpiade kimia. (freepik/presfoto)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memfasilitasi empat siswa jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk mengikuti Olimpiade Kimia Internasional ke-52 (IChO) yang dilaksanakan pada tanggal 23-29 Juli 2020. Penerapan IChO yang dilaksanakan di kota Istanbul Turki, terpaksa dilaksanakan secara daring karena masih dalam kondisi Pandemi Covid-19.

Komite Pengarah IChO sendiri sejak bulan Maret 2020 sudah mulai melakukan penjajakan pendapat terkait pelaksanaan IChO di tahun ini. Dengan diskusi yang panjang dan intensif, akhirnya panitia IChO memutuskan kompetisi dilakukan melalui akses jarak jauh, yaitu ujian jarak jauh yang diikuti oleh peserta melalui negara masing-masing.

"Ujian akan diawasi langsung melalui konferensi video yang dilakukan oleh panitia IChO di Istambul, Turki. Sementara para mentor dan juri bekerja dan berdiskusi juga melalui platform video conference," demikian tulis keterangan resmi Kemendikbud, dikutip dalam laman resmi Kemendikbud, Kamis (30/7/2020). 

IChO sendiri pada tahun ini diikuti 60 negara, dari toral 82 negara yang diundang secara resmi, berdasarkan negara-negara yang mengikuti event ini tahun sebelumnya. 

Adapun para peserta terdiri dari 235 siswa, 166 akademisi yang terdiri dari mentor, pengamat ilmiah , pengawas ujian (pengwas), komite ilmiah dan juri yang berasal dari turki sebagai penyelenggara IChO ke-52.

Adapun tim IChO Indonesia terdiri dari 4 (empat) siswa, yaitu Ivan Candra Gunawan dari SMAK Petra 2 Surabaya, Steven William dari SMAK Petra 1 Surabaya, Mark Soesanto dari SMAK BPK Penabur 1 Jakarta dan Rifqi Naufal Abdjul dari SMAN 81 Jakarta. 

Adapun 4 (empat) mentor t Indonesia berasal dari Kimia FMIPA - ITB, yaitu Prof. Dr. Djulia Onggo, Dr. Deana Wahyuningrum, Dr. I Nyoman Marsih. Dan Dr. Fainan Failamani.

Pelaksana tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional (Plt. Kapuspernas), Asep Sukmayadi mengatakan bahwa dalam kondisi pandemi, Kemendikbud tetap mengatur tim IChO dengan menyediakan pembinaan yang lebih intensif, berani, dan tetap menjaga kesehatan. 

"Selain bidang kimia, masih ada kompetisi bidang lainnya yang akan difasilitasi oleh Puspresnas, yaitu bidang Matematika, Biologi, Informatika, Ekonomi, Astronomi dan Kebumian," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X