Kenang Jasa Pahlawan, Jokowi Pimpin Apel Dini Hari di TMP Kalibata

- Senin, 17 Agustus 2020 | 08:41 WIB
Presiden Jokowi memimpin apel mengenang arwah dan jasa para pahlawan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan. (Instagram/jokowi)
Presiden Jokowi memimpin apel mengenang arwah dan jasa para pahlawan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan. (Instagram/jokowi)

Pada pukul 00.00 WIB dini hari tadi, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin apel untuk mengenang arwah dan jasa para pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Dalam apel tersebut, Jokowi yang juga mendoakan para pahlawan yang dimakamkan di sana.

Apel sekaligus doa itu digelar di TMP Kalibata sekitar pukul 00.00 WIB. Dalam apel itu, Presiden Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara.

"Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia, kami yang hadir hari ini Senin, 17 Agustus 2020 pukul 00.00 pada upacara mengenang arwah dan jasa para pahlawan nusa bangsa yang telah bersemayam di taman makam ini," kata Presiden Jokowi seperti dilihat Indozone di live Youtube Sekretariat Presiden, Senin (17/8/2020).

Dari data yang dihimpun dan dibacakan oleh Jokowi, di TMP Kalibata sendiri total ada sebanyak 10.102 pahlawan yang dimakamkan di sana. Jokowi juga merinci jumlah pahlawan disana di antaranya 9.131 TNI-Polri, 877 badan perjuangan, 51 tokoh nasional dan 43 pahlawan tidak dikenal.

"Begitu pun para pahlawan yang tidak dikenal nama dan tempatnya di kota-kota, di dusun-dusun, di lereng-lereng gunung, di dasar lautan kami menyatakan hormat sebesar-besarnya atas keridhoan, keikhlasan dan kesucian pengorbanan pahlawan dalam mengabdi perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa," beber Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga memanjatkan doa untuk para pahlawan yang sudah tiada. Dia juga menyebut jika generasi Indonesia saat ini juga mengikuti perjuangan pahlawan pada masanya.

"Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjualan kami juga," kata Jokowi.

"Kami berdoa semoga arwah para pahlawan diterima di sisi Tuhan yang Maha Esa dan ditempatkan di tempat sebaik-baiknya," pungkas Jokowi.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X