Massa Apel Siaga Ganyang Komunis Penuhi Lapangan Ahmad Yani Jakarta Selatan

- Minggu, 5 Juli 2020 | 14:27 WIB
Suasana Apel Siaga Ganyang Komunis oleh Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta, Minggu (5/7/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)
Suasana Apel Siaga Ganyang Komunis oleh Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta, Minggu (5/7/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Sejumlah massa aksi 'Apel Siaga Ganyang Komunis Jabodetabek' memenuhi lapangan Ahmad Yani, di Jalan Praja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Minggu (5/7/2020). 

Tampak sejumlah aktivis organisasi massa seperti Front Pembela Islam (FPI), Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama, PA 212 hingga Forum Betawi Rempug (FBR), hingga Brigade Laskar Betawi 411

Apel siaga ganyang komunis itu dimulai tepat pukul 13.00 WIB dan rencananya akan berakhir pada pukul 16.00 WIB. 
 
Rangkaian acara apel siaga ganyang komunis itu diisi dengan upacara, gelar pasukan, pembacaan teks Pancasila, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan dari inspektur upacara (Irup) hingga atraksi bela diri dari sejumlah komunitas. 

"Aksi ini sebagai bentuk penolakan terhadap RUU HIP dan upaya untuk tetap menjaga ideologi bangsa," ujar Koordinator Apel Siaga, Maman Suryadi, Minggu (5/7/2020). 

Maman memperkirakan jumlah peserta yang hadir mencapai 5.000 orang yang terdiri dari sejumlah ormas islam. 

Sejauh pengamatan Indozone di TKP, apel siaga ganyang komunis berlangsung tertib dan para peserta yang hadir tetap mengikuti prosedur kesehatan dengan menggunakan masker. Para panitia juga menyediakan hand sanitizer dan menghimbau para peserta apel siaga untuk tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan. 

Arus lalu lintas di Jalan Ciputat Raya dan Jalan Praja tampak tersendat lantaran banyak kendaraan yang memarkir di bahu jalan. Sejumlah petugas kepolisian terlihat mengatur lalu lintas di samping menjaga kegiatan agar berlangsung tertib. Mereka turut dibantu oleh aparat TNI.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X