Siaga Banjir, Anies: Jakarta akan Hadapi 3 Front Musim Hujan

- Rabu, 30 September 2020 | 10:00 WIB
Apel instansi terkait kesiapan siaga banjir di Jakarta di Polda Metro Jaya, Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Apel instansi terkait kesiapan siaga banjir di Jakarta di Polda Metro Jaya, Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Bertempat di lapangan Polda Metro Jaya, Jakarta, Kodam Jaya, Polda Metro Jaya dan pihak dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pagi ini menggelar apel kesiapan siaga banjir. Apel tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Dalam apel tersebut, tampak hadir Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana. Tampak pula hadir sejumlah personel TNI-Polri dan unsur dari Pemprov seperti pemadam kebakaran, Dishub maupun Satpol PP.

"Ini adalah wujud kemitraan dan sikap tanggap, solid antar institusi yang ada di wilayah Pemprov DKI Jakarta untuk bersama-sama menjaga, mewujudkan keamanan, ketentraman bagi seluruh warga Jakarta khususnya saat musim hujan yang akan datang," kata Anies dalam sambutannya di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (30/9/2020).

-
Apel instansi terkait kesiapan siaga banjir di Jakarta di Polda Metro Jaya, Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Anies menyebut saat ini Jakarta mulai memasuki musim penghujan yang waktunya bersamaan dengan pandemi virus corona yang belum menghilang. Untuk itu dia meminta seluruh instansi terkait untuk lebih bersiap menyusun strategi mengatasi banjir.

"Saya berharap pada musim penghujan 2020-2021 ini kita semua bisa mengantisipasi sebaik-baiknya. Berikutnya perlunya kita mengantisipasi penanganan korban banjir dalam kondisi Covid-19," ungkap Anies.

Lebih jauh Anies mengatakan Jakarta akan menghadapi tiga front dalam musim penghujan. Hal tersebut tentunya harus diatasi oleh instansi terkait.

"Kita menghadapi tiga front secara bersamaan, satu aliran air dari hulu akibat hujan deras di pegunungan yang mengalir lewat 13 sungai masuk ke kota ini. Kedua, hujan lokal yang terjadi di kota ini," kata Anies.

"Yang ketiga adalah permukaan air laut meningkat dan disaat bersamaan kita mengalami penurunan permukaan tanah khususnya di kawasan pesisir," sambung Anies.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X