The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Varian Baru Virus Muncul di Tengah Pandemi, Perawat Diminta Lebih Cerdas dari Covid-19
Petugas kesehatan Rumah Sakit COVID-19 Wisma Atlet (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
News

Varian Baru Virus Muncul di Tengah Pandemi, Perawat Diminta Lebih Cerdas dari Covid-19

Selasa, 09 Maret 2021 11:10 WIB 09 Maret 2021, 11:10 WIB

INDOZONE.ID - Sekretaris Bidang Perlindungan Tenaga Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 dr Mariya Mubarika mengatakan perawat harus lebih cerdas dan paham karakteristik virus agar tidak tertular.

"Artinya, perawat harus bisa memahami dengan benar karakteristik virus agar dapat menghindar atau jangan sampai tertular, dan jika terinfeksi tidak sampai parah, cukup di fase satu yang tidak ada risiko kerusakan apapun pascapenyembuhan," katanya, Selasa (9/3/2021).

Berdasarkan hasil jurnal terbaru, tenaga perawat dan SDM kesehatan lainnya berrisiko tiga kali lipat lebih besar terinfeksi Covid-19, termasuk di negara dengan pengendalian virus corona terbaik sekalipun.

Hal ini disebabkan perawat merupakan tenaga kesehatan terbanyak dan paling lama kontak dengan pasien.

Alhasil, perawat banyak yang mengaku khawatir tertular virus corona, dan tak punya tempat khusus saat pulang ke rumah. Padahal di rumah ada bayi atau orangtua dengan penyakit penyerta.

Kekhawatiran ini membuat perawat bekerja dengan mental dilema antara tuntutan keselamatan diri dan keluarga.

dr Mariya mengatakan cara cerdas yang dapat dilakukan salah satunya dengan menjaga imunitas tubuh tetap prima serta tetap menerapkan protokol kesehatan.

Namun, permasalahan di Indonesia, terutama tenaga kesehatan, banyak yang tidak mengenali status kesehatan. Perawat merasa tidak punya riwayat gula darah tinggi dan hipertensi dan baru ketahuan setelah terinfeksi COVID-19.

"Makanya penting mengetahui status kesehatan kita, jika terinfeksi pun bisa teratasi dengan baik, dan sejauh data yang didapat saat ini, imunitas yang dibentuk dari vaksin atau pascainfeksi sekalipun sangat individual, sehingga meskipun sudah divaksin harus tetap protokol kesehatan agar tidak terinfeksi,” ujarnya.

Mariya mengimbau perawat mengupayakan skrining komorbid, karena orang dengan komorbid, seperti kolesterol tinggi dan diabetes dengan kadar gula tinggi mudah terinfeksi.

Artikel menarik lainnya

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US