Peluru hingga Senpi Rakitan Berhasil Ditemukan saat Penangkapan 12 Teroris di Jawa Timur

- Senin, 1 Maret 2021 | 17:23 WIB
Ilustrasi senjata api dan peluru. (Freepik)
Ilustrasi senjata api dan peluru. (Freepik)

Densus 88 AT Polri belum lama ini berhasil mengamankan 12 orang terduga teroris di kawasan Jawa Timur. Dari penangkapan ini, Densus 88 menyita barang bukti berupa puluhan butir peluru hingga senjata api rakitan.

Hal tersebut dibeberkan oleh Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono. Brigjen Rusdi menyebut barang bukti itu berhasil diamankan dar tangan ke-12 terduga teroris.

"Barang bukti antara lain 50 butir peluru 9mm, satu pistol rakitan jenis FN, kemudian juga bendera Daulat baik berwarna hitam maupun berwarna putih sebanyak empat bendara, pisau delapan, samurai dua, golok tiga dan senjata tajam lainnya berbentuk busur lebih kurang 23 dijadikan barang bukti," kata Brigjen Rusdi dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Senin (1/3/2021)

Lebih jauh Rusdi mengatakan belasan terduga teroris ini sudah melakukan rangkaian kegiatan. Kegiatan tersebut salah satunya kegiatan latihan bela diri.

"Tentunya mereka telah melakukan aktivitas-aktivitas berupa latihan beladiri," beber Rusdi.

Sama seperti terduga teroris yang ditangkap sebelumnya, mereka juga sudah menyiapkan sebuah tempat khusus. Tempat khusus tersebut akan digunakan untuk membuat senjata hingga bom rakitan.

"Mereka juga sudah merancang bunker yang akan digunakan untuk kegiatan pembuatan senjata maupun bom rakitan," kata Rusdi.

Seperti diketahui, Densus 88 AT Polri baru saja melakukan penangkapan terhadap belasan terduga teroris di beberapa titik di wilayah Jawa Timur. Lokasi tersebut antara lain di Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto dan Malang.

Mabes Polri sendiri menyebut para tersangka tergabung dalam jaringan Jamaah Islamiyah (JI). Mereka juga terafiliasi dengan tokoh jaringan teroris Jalan yakni Upik Lawanga.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X