Mulai Januari, Gunung Prau di Dieng Ditutup untuk Pendaki, Ini Alasannya

- Senin, 21 Desember 2020 | 16:09 WIB
Gunung Sumbing, Gunung Slamet, dan Gunung Sindoro terlihat di seberang lautan awan di atas puncak Gunung Prau. (Foto: Indozone/Abul Muamar)
Gunung Sumbing, Gunung Slamet, dan Gunung Sindoro terlihat di seberang lautan awan di atas puncak Gunung Prau. (Foto: Indozone/Abul Muamar)

Jalur pendakian ke Gunung Prau ditutup tahun depan untuk sementara waktu mulai tanggal 3 Januari hingga 4 Maret 2021.

Kebijakan penutupan semua jalur pendakian ini diambil setelah adanya kesepakatan dari semua pihak yang terkait terutama perwakilan dari setiap basecamp yang ada di Gunung Prau.

Upaya ini dilakukan dalam rangka pemulihan ekosistem yang ada di kawasan Gunung Prau dan juga untuk peningkatan kapasita peningkatan pengelola serta menghindari situasi cuaca buruk yang terjadi.

-
Wisatawan asing bersama pemandu di Gunung Prau (Indozone/Abul Muamar)

Selain itu juga akan dilakukan reboisasi terhadap kawasan Gunung Prau untuk meningkatkan vegetasi alam di kawasan tersebut.

"Berdasarkan rapat Forum Koordinasi Gunung Prau Indonesia (FKPI) dan Perhutani, dalam rangka mengantisipasi cuaca buruk, pemulihan ekosistem, reboisasi dan perawatan, pembenahan jalur serta pelatihan peningkatan kapasitas ranger maka seluruh basecamp pendakian gunung prau resmi ditutup pada tanggal 03 januari 2021 dan akan dibuka kembali pada tanggal 04 maret 2021," bunyi kutipan surat yang dikeluarkan Forum Koordinasi Gunung Prau Indonesia pada Senin (21/12/2020.

Untuk diketahui, Gunung Prau merupakan salah satu gunung yang banyak dikunjungi oleh para pendaki gunung untuk menikmati keindahan alamnya.

Gunung ini terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah.

-
Penampakan keindahan Gunung Prau (Foto:  Indozone/Abul Muamar)

Gunung Prau merupakan salah satu puncak tertinggi di kawasan Dataran Tinggi Dieng, dengan beberapa puncak yang lebih rendah di sekitarnya, antara lain Gunung Sipandu, Gunung Pangamun-amun, dan Gunung Juranggrawah.

Pada puncak Gunung Prau terdapat padang rumput luas yang memanjang dari barat ke timur. Bukit-bukit kecil dan sabana dengan sedikit pepohonan dapat dijumpai di puncak. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X