Penerbangan Terpuruk Akibat Pandemi, Menhub: Ciptakan Perjalanan yang Aman dan Sehat

- Minggu, 19 Juli 2020 | 09:32 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (ANTARA)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (ANTARA)

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengajak seluruh stakeholder penerbangan untuk menciptakan penerbangan yang selamat, aman, dan sehat. Hal itu perlu dilakukan untuk membangkitkan industri penerbangan nasional di tengah pandemi virus corona (Covid-19) yang belum berakhir.

"Hal ini penting untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat menggunakan transportasi udara dengan menciptakan penerbangan yang aman, selamat, nyaman dan sehat," kata Menhub Budi dalam penjelasannya, Jakarta, Minggu (19/7/2020).

Menhub mengatakan upaya ini harus digalakkan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, bahwa di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB), dimana masyarakat bisa bisa tetap produktif namun tetap aman dari penularan Covid-19. Termasuk untuk melakukan aktivitas bepergian dengan pesawat udara.

Dia menilai dampak pandemi Covid-19 sangat luar biasa bagi perekonomian nasional termasuk bagi industri penerbangan. Bahkan jumlah penumpang harian domestik turun hingga 90% dan terjadi penurunan signifikan dari frekuensi penerbangan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

"Industri penerbangan kini dalam kondisi bertahan di tengah pandemi Covid-19," ujarnya.

Budi menyakini penerbangan Indonesia mampu seperti negara Vietnam dan lainnya dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Menjaga agar jangan ada banyak lagi warga yang terpapar Covid-19 menjadi concern kita bersama, tetapi kita juga ingin ekonomi di Indonesia khususnya pergerakan di transportasi yang juga memiliki kerentanan ini bisa ditangani. Maka keseimbangan harus kita jaga dengan baik," tambahnya.

Dikatakannya, perlu ada persamaan persepsi antara regulator serta seluruh stakeholder penerbangan agar konsisten dalam melaksanakan regulasi baik nasional maupun internasional. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X