Sosok Brigjen Prasetyo Utomo Dituduh Lindungi Djoko Tjandra, Propam Polri Diminta Periksa

- Rabu, 15 Juli 2020 | 13:54 WIB
Brigjen Prasetyo (Prsetijo) Utomo (kanan), Djoko Tjandra (kiri). (Foto: Istimewa)
Brigjen Prasetyo (Prsetijo) Utomo (kanan), Djoko Tjandra (kiri). (Foto: Istimewa)

 

Brigjen Prasetyo (Prsetijo) Utomo diminta dicopot dari jabatannya saat ini sebagai Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan (Penyidik Pegawai Negeri Sipil) PPNS Bareskrim Polri.

Polisi berpangkat bintang satu itu jadi sorotan dikaitkan dengan kaburnya buronan Djoko Tjandra.

Adalah Indonesia Police Watch (IPW) menuding Prasetyo Utomo sebagai biang kerok buronan nomor satu Djoko Chandra pemerintah RI bisa jalan-jalan di dalam negeri lalu kabur dan menghilang tanpa jejak.

"IPW mendesak agar Brigjen Prasetyo Utomo segera dicopot dari jabatannya dan diperiksa oleh Propam Polri," kata Ketua Presidium IPW Neta S Pane kepada Indozone.id, Rabu (15/7/2020).

Djoko Chandra buronan pengalihan hak tagih Bank Bali sejak tahun 2009.

Dalam kasusnya, Djoko oleh MA diputus bersalah dan harus dipenjara 2 tahun. Tak hanya itu, ia juga diwajibkan membayar denda Rp 15 juta serta uangnya di Bank Bali sebesar Rp 546 miliar dirampas untuk Negara. 

Namun sebelum MA membutus bersalah 10 Juni 2009, dia kabur berhasil kabur ke Papua Nugini dan menjadi warga negara di sana.

-
Djoko S Tjandra (Antara Foto)

 

Dari data yang diperoleh IPW, Surat Jalan untuk Djoko Chandra dikeluarkan Bareskrim Polri melalui Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS, dengan Nomor: SJ/82/VI/2020/Rokorwas, tertanggal 18 Juni 2020, yang ditandatangi Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri Brigjen Prasetyo Utomo.

Dalam surat jalan tersebut Djoko Chandra disebutkan berangkat ke Pontianak Kalimantan Barat pada 19 Juni dan kembali pada 22 Juni 2020.

Siapa sebenarnya sosok Brigjen Prasetijo Utomo?

Prasetyo Utomo sendiri adalah alumni Akpol 1991, teman satu Angkatan dengan Kabareskrim Komjen Sigit.

Berdasarkan penelusuran Indozone.id, Prasetyo Utomo yang lahir di Jakarta 1970 sebelum memangku jabatan Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri, dia sebelumnya menjabat sebagai Kabagkembangtas Romisinter Divhubinter Polri.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X